7 Makanan Terbaik untuk Belajar dan Ujian

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 16/10/2020 13:15 WIB
Beberapa makanan dapat menutrisi otak dan membantu Anda untuk belajar memahami materi pelajaran dengan baik. Ilustrasi. Beberapa makanan dapat menutrisi otak dan membantu Anda untuk belajar memahami materi pelajaran dengan baik. (skeeze/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Makanan yang tepat dapat membantu Anda untuk belajar memahami materi baru dan menghadapi ujian. Makanan ini membantu menutrisi otak sehingga dapat membantu belajar lebih baik.

Makanan yang bernutrisi tinggi terbukti meningkatkan fungsi kognitif otak sehingga membantu menangkap, mengolah, dan memahami suatu informasi.

Berikut 9 makanan terbaik untuk belajar dan ujian.


1. Buah beri

Aneka buah beri seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberrry baik untuk otak. Keluarga buah beri kaya akan senyawa flavonoid yang disebut antosianin.

Antosianin dapat meningkatkan kinerja otak dengan meningkatkan aliran darah ke otak. Senyawa ini juga melindungi otak dari peradangan, dan mendorong produksi sel saraf yang terlibat dalam pembelajaran dan memori.

Studi menunjukkan, asupan beri terbukti meningkatkan fungsi otak.

2. Buah jeruk

Jeruk juga mengandung sejumlah flavonoid seperti hesperidin, naringin, dan quercetin. Senyawa flavonoid ini meningkatkan pembelajaran, ingatan, dan melindungi sel saraf.

Studi menunjukkan, mengonsumsi jeruk dapat meningkatkan kinerja mental. Jeruk meningkatkan aliran darah ke otak sehingga dapat membantu mendorong kinerja pada tes simbol dan angka.

3. Cokelat hitam

Kakao dan cokelat hitam juga mengandung flavonoid yang terbukti baik untuk kesehatan otak. Studi menunjukkan, orang yang mengonsumsi cokelat memiliki kinerja lebih baik pada tes mental. Kakao juga meningkatkan daya ingat.

4. Kacang

Kacang mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan otak, termasuk vitamin E dan seng. Kacang membantu otak dan tubuh tetap kuat untuk menerima informasi.

Studi menunjukkan, konsumsi kacang kenari selama 8 minggu dapat meningkatkan kemampuan menafsirkan informasi verbal secara signifikan.

5. Telur

Telur mengandung vitamin B12, kolin, dan selenium yang baik untuk otak. Dikutip dari Healthline, selenium membantu koordinasi, memori, kognisi, dan kinerja motorik. Sedangkan kolin membantu perkembangan otak untuk meningkatkan daya ingat.

Vitamin B12 juga meningkatkan kesehatan neurologis.

6. Buah alpukat

Alpukat dapat meningkatkan fungsi otak. Alpukat adalah sumber lutein yang sangat baik sehingga dapat memengaruhi fungsi otak. Studi menunjukkan, konsumsi alpukat dapat meningkatkan akurasi seseorang pada tes mental.

7. Ikan

Ikan berlemak kaya akan asam lemak omega-3 yang berperan penting dalam kesehatan otak. Ikan berlemak juga merupakan sumber vitamin B12 dan selenium.

Studi membuktikan bahwa asupan ikan yang lebih tinggi dapat meningkatkan kinerja memori dan kesehatan otak.

Konsumsi makanan terbaik untuk otak agar dapat belajar dan mengikuti ujian lebih baik. Imbangi pula dengan makanan yang bernutrisi seimbang.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]