7 Kebiasaan Buruk Akhir Pekan yang Bikin Tubuh Makin Melar

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 18/10/2020 06:00 WIB
Akhir pekan biasanya jadi waktu rehat dari rutinitas hari kerja, tapi ada beberapa kebiasaan hari libur yang justru merugikan karena bikin tubuh semakin melar. Akhir pekan biasanya jadi waktu rehat dari rutinitas hari kerja, tapi ada beberapa kebiasaan hari libur yang justru merugikan karena bikin tubuh semakin melar.(Istockphoto/ Turk_stock_photographer).
Jakarta, CNN Indonesia --

Akhir pekan jadi waktu paling dinanti sebagian orang yang bergelut dengan rutinitas pada hari kerja. Bersantai dan membuka laptop bukan untuk bekerja, melainkan menonton serial favorit.

Namun, akhir pekan juga rawan membuat Anda makin melar.

Bukan tidak mungkin Anda akan mendapati celana lebih ketat dari biasanya. Sebab rupanya, ada beberapa kebiasaan buruk pada akhir pekan yang bisa membuat ukuran pinggang makin melar. Lebih baik segera kurangi atau akan ada banyak baju dan celana yang harus dieliminasi dari lemari.


Berikut kebiasaan yang berpotensi membuat tubuh makin melar.

1. Terlalu banyak asupan karbohidrat

Biasanya roti lapis selai, akhir pekan Anda ingin sesuatu yang berbeda, misalnya dengan pancake. Sesekali memesan makanan lewat layanan pesan-antar ojek daring pun rasanya tidak masalah. Namun asupan karbohidrat terlalu tinggi bakal membuat pinggang makin melar.

"Saat kita mengonsumsi karbohidrat, glukosa ditarik ke otot untuk cadangan bahan bakar yang dikenal sebagai glikogen. Namun ketika glukosa ditarik masuk, begitu pula air," kata ahli gizi Gisela Bouvier dikutip dari Eat This, Not That!.

"Asupan karbohidrat yang meningkat selama akhir pekan dapat menambah bobot pada skala Senin pagi, berkat tambahan berat air."

2. Rebahan sepanjang hari

Jika biasanya Anda berolahraga pada hari kerja, sebaiknya tetap lakukan itu saat akhir pekan. Bouvier berkata, tidak ada keringat di akhir pekan bisa jadi akan ada kenaikan berat badan pada Senin pagi.

"Sesi keringat di akhir pekan membantu menurunkan berat air berlebih, sementara pada saat yang sama juga membantu membuat pilihan makanan yang lebih baik," imbuh dia.

Infografis 8 Gerakan Olahraga untuk Bakar Lemak PerutFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian
Infografis 8 Gerakan Olahraga untuk Bakar Lemak Perut

3. Terlalu banyak atau kurang tidur

Kualitas tidur mempengaruhi berat badan. Jika Anda begadang atau terlalu banyak tidur di akhir pekan, siap-siap saja untuk berat badan ekstra di hari berikutnya.

Studi yang diterbitkan di jurnal Psychoneuroendocrinology menyebut, kurang tidur akan membuat Anda cenderung memilih porsi makan lebih besar. Di sisi lain, tidur terlalu lama (lebih dari 10 jam sehari), berkorelasi dengan penurunan fungsi kognitif, peningkatan risiko diabetes, obesitas, depresi dan peradangan kronis.

Meski akhir pekan, sebaiknya tetap berikan porsi tidur selama 7-8 jam.

4. Tidak mengonsumsi makanan selingan

Saat hari kerja biasa, selalu ada waktu untuk istirahat makan siang. Di sela makan besar ada pula makanan selingan atau camilan. Di akhir pekan, agak sulit mengatur waktu makan karena begadang sehingga bangun siang atau tidur terlalu lama sehingga melewatkan jam makan.

"Melewatkan makan pasti dapat mengakibatkan penurunan gula darah dan penurunan energi," kata Eliza Savage, ahli diet yang berbasis di New York City.

Metabolisme, lanjut dia, akan menurun karena Anda tidak tahun kapan makanan berikutnya masuk. Sebenarnya makanan selingan tiap beberapa jam akan membantu tubuh tetap berenergi.

5. Menumpahkan kalori untuk makan malam

Kencan malam Minggu makin istimewa jika memesan menu makanan berbeda dari biasanya. Tidak jarang Anda menghemat kalori saat makan siang atau bahkan melewatkannya demi menyediakan 'ruang' yang cukup untuk menu-menu makan malam.

"Saat orang melewatkan makan, mereka cenderung memberikan 'hadiah' beberapa saat berikutnya untuk menggantikan kalori yang dieliminasi. Ini malah bisa membuat Anda makan berlebihan dan menimbulkan kenaikan berat badan," jelas Savage.

6. Berlebihan memanjakan diri

Memanjakan diri sendiri, kenapa tidak? Orang kerap membawa-bawa konsep 'self love', tapi sebenarnya malah tidak baik buat kesehatan. Ashlea Braun, ahli diet di The Ohio State University Wexner Medical Center, mengatakan kadang orang melakukannya dengan mengonsumsi makanan tinggi kalori.

"Meski Anda perlu bersantai dan memberikan penghargaan buat diri sendiri, pertimbangkan untuk melakukannya tanpa berhubungan dengan makanan misal membeli buku baru atau menghubungi teman," dia menyarankan.

7. Kurang minum

Ilustrasi Air PutihFoto: Hyrma/Thinkstock
Ilustrasi: Tetap sediakan gelas air atu botol ukuran besar sehingga Anda tak lupa memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama akhir pekan.

Bukan tidak mungkin Anda lalai mengonsumsi cairan selama akhir pekan. Kondisi santai, banyak rebahan, atau tidur, kalau tidak dibiasakan Anda bisa-bisa kekurangan asupan cairan.

Tetap sediakan gelas air atau botol berukuran besar sehingga Anda punya target untuk menghabiskan sebotol air dalam setengah hari.

(els/NMA)

[Gambas:Video CNN]