8 Spot Negeri di Atas Awan yang Pas Didatangi Pendaki Pemula

CNN Indonesia | Senin, 19/10/2020 14:22 WIB
Berikut sejumlah spot untuk menikmati pemandangan negeri di atas awan bagi pendaki pemula. Pemandangan Nepal Van Java di Dusuh Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. (CNN Indonesia/Ardita Mustafa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pendaki yang sudah pernah menapaki Gunung Bromo pasti tak asing lagi dengan kawasan Desa Ngadas di Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang menjadi area menyaksikan fenomena langit negeri di atas awan atau kumpulan awan berbentuk gulungan ombak.

Selain dari Desa Ngadas, pendaki juga bisa menikmati pemandangan negeri di atas awan yang tak kalah indah dari Desa Cemoro Lawang, Pananjakan, atau Seruni Point.

Pemandangan negeri di atas awan yang terbaik memang bisa disaksikan dari puncak gunung-gunung yang tinggi di Indonesia, namun bagi pendaki pemula berikut beberapa tempat yang bisa disambangi:


1. Nepal Van Java

Berlokasi di Dusun Butuh, Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, objek wisata ini berupa pemukiman yang berada di kaki Gunung Sumbing.

turis disarankan sudah datang ke objek wisata alam ini sebelum pukul 05.00 WIB untuk bisa menyaksikan pemandangan negeri di atas awan dari Punthuk Nepal, yang merupakan pos pendakian pertama ke Gunung Sumbing.

Salah satu pemandu wisata mengatakan bahwa pemandangan awan yang seakan menelan pedesaan biasanya terjadi sekitar bulan April sampai Juni setiap tahunnya.

2. Dataran Tinggi Dieng

Para wisatawan saat menikmati sunrise dari Bukit Sikunir, Desa Sembangun, Jawa Tengah. Bukit Sikunir merupakan salah satu spot wisata andalan Dieng, bila cuaca sedang bagus para pelancong bisa menyaksikan langsung Golden Sunrise dengan latar barisan gunung yang mengelilingi kawasan tersebut. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)Bukit Sikunir. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Turis bisa menikmati pemandangan negeri di atas awan menjelang matahari tebit di Dataran Tinggi Dieng, dari Bukit Sikunir atau puncak Gunung Sindoro.

3. Kebun Buah Mangunan

[Gambas:Instagram]



Objek wisata alam ini berada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Medannya dikelilingi lembah, sehingga pemandangan negeri di atas awan bisa muncul setiap paginya.

Selain pemandangan alam, turis juga bisa menikmati wisata edukasi dengan berkeliling di kebun buah yang ada di sini.

4. Gunung Telomoyo

[Gambas:Instagram]



Gunung Telomoyo adalah gunung yang terletak di wilayah Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 1.894 mdpl.

Dari puncak gunung ini, turis dapat menyaksikan Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung Ungaran.

Tak perlu mendaki untuk menikmati pemandangan negeri di atas awan di sini, karena turis bisa menikmatinya dari pinggir jalannya.

5. Gunung Luhur

[Gambas:Instagram]



Untuk bisa menikmati pemandangan negeri di atas awan dari Gunung Luhur, silakan menuju Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Banten.

Pemandangan negeri di atas awan dari sini bisa didapatkan di pagi hari sekitar jam 05.00 WIB hingga 07.00 WIB. Karena itu pengunjung disarankan untuk bermalam di puncak.

6. Puncak Pilar

Sejak jam 05.00 sampai jam 08.00 turis bisa menyaksikan pemandangan negeri di atas awan dari objek wisata di Desa Ciwalat, Kecamatan Pabuaran, Sukabumi, ini.

Dari puncak ini kamu juga bisa menyaksikan Gunung Gede yang ada di kejauhan.

7. Gunung Putri

Di Lembang, Bandung, tepatnya di puncak Gunung Putri, turis bisa menyaksikan pemandangan negeri di atas awan sejak matahari terbit hingga 08.00.

Medan gunung ini juga cocok bagi pendaki pemula karena hanya setinggi 1.587 mdpl.

8. Sunrise Point Cukul

[Gambas:Instagram]



Berada di kawasan Pengalengan, Bandung, saat datang ke sini turis bakal menikmati pemandangan hamparan Perkebunan Teh Cukul yang menyembul di tengah negeri di atas awan kala matahari menyingsing.

Objek wisata alam ini juga berada tak jauh dari Situ Cileunca.

[Gambas:Video CNN]



(ard)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK