Dokter Sarankan Bawa Masker Cadangan dalam Wadah Khusus

tim, CNN Indonesia | Jumat, 23/10/2020 20:07 WIB
Ketika membawa masker cadangan, Anda diminta untuk membawa wadah khusus tempat meletakkan masker agar tetap bersih. Ketika membawa masker cadangan, Anda diminta untuk membawa wadah khusus tempat meletakkan masker agar tetap bersih. ( Istockphoto/ Jun)
Jakarta, CNN Indonesia --

Demi menjaga kesehatan saat pandemi virus corona, masyarakat disarankan untuk memakai masker kain minimal tiga lapis. Namun masker kain ini sebaiknya digunakan maksimal selama 4 jam, setelahnya Anda harus mengganti masker tersebut.

Jika Anda berada di luar rumah lebih dari empat jam, maka idealnya Anda harus membawa masker cadangan. Namun untuk membawa masker cadangan ini, Anda juga harus menyimpannya dengan benar. Dokter Alfi Auliya Rachman dari RS FMC Bogor menyarankan Anda untuk menyimpan masker dalam sebuah wadah khusus. Saat bepergian ke luar rumah untuk urusan tertentu, sebaiknya siapkan dua kantong khusus berisi masker di dalam tas Anda.

"Ada dua kotak (wadah) penyimpanan khusus. Kotak yang satu untuk masker yang sudah dipakai, kotak lainnya untuk yang belum dipakai. (Masker) bisa dilapisi dengan tisu atau kain bersih agar tidak kontak dengan barang-barang di luar," katanya dikutip dari Antara.


Ketika Anda ingin membukanya misalnya karena ingin makan, cucilah tangan terlebih dulu. Setelahnya, buka masker tanpa harus menyentuh bagian tengahnya, melainkan talinya saja.

Selain itu, Anda juga sebaiknya tak menggantung masker di dagu, melainkan meletakkannya di wadah khusus yang Anda bawa. Ketika ingin dipakai kembali, cucilah tangan sebelum memakai masker. Pegang bagian talinya dan pakai masker sampai menutupi hidung dan mulut

(chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK