6 Cara Menikmati Jepara ala Karibia

CNN Indonesia | Sabtu, 24/10/2020 13:18 WIB
Jepara memiliki banyak pantai dan menyimpan pulau-pulau indah layaknya Kepulauan Karibia. Pemandangan di Karimunjawa, Jawa Tengah. (CNN Indonesia/Artho Viando)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kapten Jack Sparrow barangkali wajib menyandarkan kapal di Jepara. Pasalnya, Jepara memiliki banyak pantai dan menyimpan pulau-pulau indah layaknya Kepulauan Karibia. Kekayaan pantai dan pulau-pulau nan memukau ini membuat Jepara disebut-sebut sebagai Carribean van Java.

Turis pun bisa jadi bajak laut dengan jelajah pulau sekaligus menikmati keindahan alam Jepara. Jika selama ini Jepara hanya dikenal dengan seni ukir, daftar lokasi wisata berikut bakal membukakan mata akan potensi wisata di sana.

1. Karimunjawa

One of my favorite tourist-free island in Indonesia is Karimunjawa, a small island north of Semarang off the coast of central Java.Karimunjawa. (iStockphoto/ndromorrow)

Merujuk pada Carribean van Java, turis wajib bertandang ke Kecamatan Karimunjawa. Wilayah kecamatan ini terdiri dari pulau-pulau mini dengan berbagai tawaran wisata alam.


Sangat memungkinkan untuk 'island hopping' alias jelajah dari pulau ke pulau untuk menikmati wisata pantai di Desa Karimunjawa, wisata gua baik di Pulau Karimunjawa maupun Pulau Parang juga ada penangkaran hiu dan penyu di Pulau Menjangan Besar.

Penyuka eksplorasi bawah laut, lokasi ini sangat direkomendasikan terutama untuk snorkeling maupun diving. Petualangan atau sekadar bulan madu tidak akan mengecewakan jika dihabiskan di sini.

2. Bukit Ragas

Suasana alam di Bukit Ragas bakal membuat turis rileks dan rehat sejenak dari rutinitas. Bukit terletak di Desa Clering, Kecamatan Donorejo, atau sekitar 1,5 jam dari pusat Kabupaten Jepara. Area ini merupakan bekas pertambangan batu kapur sehingga turis bakal melihat sisa bebatuan berwarna putih.

Tidak hanya pemandangan perbukitan, turis pun akan disuguhi keindahan ala Danau Kelimutu, NTT. Seperti di NTT, air danau ada yang berwarna hijau dan kebiruan.

[Gambas:Instagram]

3. Pantai Punuk Sapi

Pantai Punuk Sapi juga dikenal dengan nama Pantai Lemah Abang. Dalam bahasa Jawa, 'lemah abang' berarti tanah merah. Di sini pantai tampak memesona dengan pasir hitam dan nuansa tanah berwarna merah.

Pantai yang terletak di Desa Balong, Kecamatan Kembang ini lekat dengan cerita sejarah. Konon pantai merupakan petilasan Syekh Siti Jenar. Di sini pula terdapat makam cucu Syekh Siti Jenar.

[Gambas:Instagram]



4. Danau Blingoh

Di Desa Blingoh, Kecamatan Donorojo, turis akan mendapati danau yang dikelilingi bebatuan.

Danau Blingoh sebenarnya area bekas pertambangan batu kapur liar. Kemudian area tersebut terisi air sehingga ada pemandangan air berwarna hijau kebiruan di antara dinding kapur. Nuansanya masih alami dengan tumbuhan hijau sebagai latarnya.

[Gambas:Instagram]



5. Air Terjun Songgolangit

Perjalanan sekitar satu jam dari Kabupaten Jepara ke Desa Bucu, Kecamatan Kembang akan terbayar dengan keindahan air terjun Songgolangit. Dalam bahasa Jawa, 'songgo langit' berarti menyangga langit. Nama ini cocok disematkan karena air jatuh dari ketinggian 80 meter.

Lokasi ini bisa turis andalkan untuk sekadar menikmati keindahan alam, udara sejuk dan dingin air.

[Gambas:Instagram]

6. Pulau Panjang

Sekali mendayung ke Pulau Panjang, sepaket perjalanan wisata akan turis dapatkan. Untuk menuju ke pulau di Ujungbatu ini, turis musti menyeberang dari Pantai Kartini dan Pantai Bandengan.

Pulau Panjang bakal menawarkan wisata pantai, eksplorasi bawah laut, bahkan turis juga bisa merasakan camping dengan menyewa tenda. Serasa camping di pulau pribadi bukan?

Seharian di pulau ini tidak akan rugi. Tunggu saja hingga sore sehingga turis bakal mendapati senja dengan semburat langit oranye nan indah.

[Gambas:Instagram]

(els/ard)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK