4 Cara Tepat Menghibur Orang yang Sedih

tim, CNN Indonesia | Jumat, 23/10/2020 12:17 WIB
Ada beberapa cara untuk memberikan dukungan pada relasi Anda tanpa membuat mereka makin 'drop' dan benar-benar memberikan dampak positif buat mereka. Ada beberapa cara untuk memberikan dukungan pada relasi Anda tanpa membuat mereka makin 'drop' dan benar-benar memberikan dampak positif buat mereka. (Milada Vigerova)
Jakarta, CNN Indonesia --

Di masa sulit seperti sekarang, normal orang merasakan sedih, stres, merasa 'down'. Jika orang di lingkar relasi Anda mengalami hal ini, tentu ada keinginan untuk menghibur hatinya juga memberikan dukungan.

Akan tetapi kadang niat memberikan dukungan justru memberikan hasil kurang pas. Ada beberapa cara untuk memberikan dukungan pada relasi Anda tanpa membuat mereka makin 'drop' dan benar-benar memberikan dampak positif buat mereka.

1. Biarkan mereka tahu bahwa Anda selalu ada

Psikolog klinis Monica Borschel mengatakan kadang saat seseorang sedih, Anda cukup memastikan ia tahu bahwa Anda ada untuknya. Anda siap untuk jadi pendengar.


"Saat (teman) merasa sedih, berduka, penting buat mereka tahu bahwa mereka punya seseorang untuk diajak bicara dan diandalkan," kata Borschel mengutip dari South China Morning Post.

Dia menambahkan satu hal yang sangat membantu adalah mendengarkan mereka tanpa memberikan penilaian. Terdengar mudah tapi nyatanya ini sulit karena sifat alami manusia yang ingin menilai dan mengatasi masalah. Justru jika nekat melontarkan solusi, ini hanya akan sia-sia.

2. Sedih itu normal

Tidak ada yang salah dengan emosi. Borschel mengatakan hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah tidak berkomentar atas situasi yang dialami rekan yang sedang bersedih. Lebih baik duduk dan dengarkan keluh kesahnya. Namun Anda pun bisa meyakinkan dia bahwa sedih adalah normal dan orang lain pun bisa sedih saat mengalami hal serupa.

Yakinkan dia bahwa tidak masalah menangis dan Anda ada di saat ia menangis.

"Orang menahan air mata mereka karena mereka malu menangis di depan orang lain," ujarnya.

3. Tawarkan bantuan

Kadang rasa sedih berkepanjangan bisa mengarah ke depresi. Ini pun bisa membawa dampak pada kondisi fisik seperti kelelahan, susah tidur dan tidak termotivasi untuk melakukan apapun. Melansir dari Healthline, sekali waktu tawarkan bantuan pada teman yang bersedih.

Mungkin mereka merasa tidak nafsu makan, coba ajak makan bersama. Sapa mereka saat sebelum kerja via teks atau telepon. Hal-hal kecil seperti ini juga merupakan dukungan buat mereka.

Lihat juga:
7 Cara Sehat dalam 60 Detik

4. Tidak mengecilkan rasa sedih

Tentu Anda ingin teman atau sahabat kembali ceria seperti biasa. Anda mungkin akan mencoba menghibur dengan melemparkan candaan dan melihat apa yang mereka alami bukan apa-apa.

Akan tetapi, melansir dari Art of Manliness, justru di momen seperti itu sebaiknya Anda 'berjalan' bersama mereka. Anda cukup mendampingi mereka di momen duka, tanpa mengecilkan rasa sedih pun demikian dengan pengalaman mereka. Mungkin buat Anda yang dia alami hanya biasa saja, tetapi bisa saja buat teman Anda ini begitu berat dan memukul mental mereka.

(els/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK