Manfaat Curcumin: Tingkatkan Imun Tubuh hingga Cegah Depresi

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 22/10/2020 11:27 WIB
Curcumin yang banyak terkandung dalam kunyit dan temulawak memiliki banyak manfaat untuk tubuh, mulai dari meningkatkan imun tubuh hingga mencegah depresi. Ilustrasi. Curcumin yang banyak terkandung dalam kunyit dan temulawak memiliki banyak manfaat untuk tubuh, mulai dari meningkatkan imun tubuh hingga mencegah depresi. (Istockphoto/ Mirzamlk)
Jakarta, CNN Indonesia --

Curcumin merupakan zat bioaktif utama yang terdapat dalam tanaman rempah curcuma seperti kunyit dan temulawak. Manfaat curcumin baik untuk kesehatan dan imunitas tubuh.

Sejumlah penelitian membuktikan curcumin memiliki manfaat terhadap kesehatan dan organ di dalam tubuh.

Berikut manfaat curcumin, melansir Healthline.


1. Anti-peradangan yang kuat

Curcumin memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Sifat anti-peradangan hingga tingkat sel molekuler ini membuat curcumin mampu mencegah kerusakan organ dan juga memperbaiki organ rusak.

2. Antioksidan yang tinggi

Curcumin juga memiliki sifat antioksidan yang tinggi yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Antioksidan yang tinggi dapat menjaga imunitas tubuh dengan baik.

Kandungan ini dapat melawan berbagai penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

3. Meningkatkan fungsi otak

Curcumin dapat meningkatkan fungsi otak sehingga menunda penyakit otak atau penurunan fungsi otak karena usia. Studi juga menunjukkan konsumsi curcumin dapat meningkatkan fungsi kognitif dan memori.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Curcumin juga bisa menjaga kesehatan jantung. Konsumsi curcumin meningkatkan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah. Endotelium yang buruk merupakan salah satu pemicu utama penyakit jantung.

Penelitian mendapati, konsumsi curcumin menurunkan risiko serangan jantung hingga 65 persen.

5. Mencegah kanker

Ramuan curcumi juga terbukti memengaruhi perkembangan dan penyebaran kanker. Studi menunjukkan, curcumin berkontribusi pada kematian sel kanker yang mengurangi pertumbuhan sel dan penyebaran sel.

Studi lain menunjukkan, curcumin dapat mengurangi keparahan kasus kanker kolorektal.

6. Mengatasi radang sendi

Sifat anti-peradangan yang kuat pada curcumin membuatnya dapat meredakan gejala radang sendi. Studi menunjukkan, curcumin efektif mengobati rheumatoid arthritis.

7. Mencegah depresi

Studi juga menemukan manfaat curcumin untuk mengobati depresi. Curcumin disebut memiliki efektivitas yang sama dengan antidepresan.

Manfaat curcumin ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi makanan yang mengandung curcumin seperti kunyit dan temulawak. Rempah-rempah ini bisa diolah menjadi bumbu masak, jamu, maupun teh.

(ptj/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK