Trik Menolak Cinta Tanpa Harus Ghosting

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 23/10/2020 18:54 WIB
Ghosting menjadi perilaku kencan online yang menyebalkan. Ada beberapa trik lain untuk menolak seseorang tanpa harus ghosting. Ilustrasi. Ghosting menjadi perilaku kencan online yang menyebalkan. Ada beberapa trik lain untuk menolak seseorang tanpa harus ghosting. (Istockphoto/Martin-dm)
Jakarta, CNN Indonesia --

Anda tentu sepakat bahwa ghosting adalah perilaku kencan online yang menyebalkan. Seseorang yang dianggap bakal jadi pasangan potensial perlahan menghilang bak hantu.

Padahal, ghosting seharusnya tak jadi solusi jika memang tak ada ketertarikan sejak awal. Ghosting hanya akan meninggalkan asumsi negatif untuk lawan bicara Anda.

Alih-alih ghosting, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan jika memang Anda tidak tertarik pada teman kencan. Berikut mengutip Bustle.


1. Cek situasi

Ada momen Anda mulai tidak nyaman dan ingin meninggalkan si dia. Sebelum ghosting, coba cek situasinya. Anda tidak tertarik dan ingin mencari opsi lain. Jika begini, pertimbangkan keseriusan kencan selama ini dan bagaimana 'investasi' Anda berdua dalam hubungan.

Jika memang baru berkontak melalui aplikasi dan belum ada kencan sungguhan yang terjadi, tak ada penjelasan yang perlu diberikan. Cukup hentikan bertukar pesan dan beranjak pergi.

2. Kirim pesan secara jujur

Hubungan Anda dengan si dia sebenarnya baik-baik saja. Hanya saja, Anda tidak merasakan ketertarikan sehingga dia layak mendapatkan penjelasan Anda. Terapis relasi Amalia Miralrio menyarankan Anda untuk berbicara dengan jujur.

Kirimkan teks secara jujur dan Anda tak perlu berbohong. Cukup berikan penjelasan sederhana pada si dia dan jangan lupa ucapkan terima kasih. Jawaban jujur akan menjauhkan orang dari kebiasaan berpikir negatif.

3. Cukup berteman

Bukan tak mungkin jika Anda ingin mempertahankan seseorang sebagai teman. Ada baiknya ungkapkan keinginan Anda untuk berteman. Namun, berikan pula si dia kebebasan untuk bersedia berteman dengan Anda atau tidak.

(els/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK