5 Hal yang Tak Perlu Dicantumkan di Profil Aplikasi Kencan

Tim, CNN Indonesia | Senin, 19/10/2020 20:40 WIB
Kesan pertama adalah segalanya di aplikasi kencan. Ada beberapa hal yang tidak sebaiknya dicantumkan dalam profil aplikasi kencan Anda. Ilustrasi. Kesan pertama adalah segalanya di aplikasi kencan. Ada beberapa hal yang tidak sebaiknya dicantumkan dalam profil aplikasi kencan Anda. (Istockphoto/Tero Vesalainen)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mencari pasangan lewat aplikasi kencan sudah bukan barang baru lagi saat ini. Lewat informasi yang Anda sematkan di profil aplikasi kencan, calon pasangan potensial bakal menimbang Anda.

"Kesan pertama itu jadi segalanya di aplikasi kencan," ujar dating coach, Erika Ettin, mengutip Elite Daily.

Pada dasarnya, tak ada pakem khusus yang bisa Anda ikuti untuk 'mendandani' profil aplikasi kencan. Namun, untuk memberikan sedikit petunjuk, beberapa hal berikut sebaiknya tidak Anda cantumkan.


1. Terlalu banyak emoticon

Tanpa kata-kata, emoticon dianggap bisa mewakili apa yang ingin disampaikan. Namun, dalam profil aplikasi kencan, gunakan secukupnya saja. Mengapa?

Tidak semua orang menafsirkan emoticon dengan cara yang sama. Jika pun ada yang tertarik, mereka bakal memerlukan waktu untuk mengartikan. Hal ini akan membuat calon pasangan potensial balik badan.

"Jika Anda akan menggunakan emoticon, gunakan dengan hemat," ujar Ettin.

2. Deret panjang kriteria atau deskripsi

Wajar jika Anda mencantumkan aneka kriteria sehingga makin dekat dengan calon pasangan idaman. Kriteria yang terlalu banyak justru malah membuat calon teman kencan cepat-cepat menyingkirkan Anda karena tidak ingin ditolak. Ini pula yang membuat Anda dianggap berpikiran tertutup.

"Kriteria atau deskripsi pada profil digunakan untuk menyediakan topik, lembar sontekan untuk memulai atau terlibat dalam percakapan," kata dia.

3. Foto ramai-ramai

Foto bersama teman-teman tongkrongan memang bisa menunjukkan bahwa Anda pribadi yang menyenangkan dan pandai bersosialisasi. Namun, para ahli melihat, mencantumkan foto grup malah membuat orang lain sulit mengenali siapa Anda.

4. Deskripsi klise

Deskripsi klise seperti 'Work hard, play harder' atau 'Looking for my partner in crime' kerap dicantumkan. Namun, pernyataan-pernyataan klise ini tidak memberikan informasi apa pun soal Anda.

Alih-alih mencantumkan deskripsi tidak jelas, lebih baik cantumkan hobi, kemampuan, bakat, atau ketertarikan Anda akan hal-hal tertentu.

"Tulis saja sesuatu yang memang diri Anda. Anda tidak perlu menarik perhatian semua orang, Anda ingin menarik perhatian orang yang berpikir Anda unik," kata Ettin.

5. Terlalu banyak informasi personal

Demi alasan keamanan, lebih baik tidak mencantumkan informasi terlalu detail seperti nomor ponsel, alamat rumah, atau informasi pribadi lainnya.

Selain faktor keamanan, menyembunyikan beberapa detail untuk dikeluarkan saat kencan malah membuat teman kencan jadi penasaran. "Biarkan seseorang penasaran dengan Anda daripada memberikan semua informasi di awal," ujar Ettin.

(els/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK