12 Tanaman Beracun Bagi Kucing

CNN Indonesia | Minggu, 25/10/2020 14:21 WIB
Ada 12 tanaman yang biasa bagi manusia, namun beracun bagi kucing. Antara lain, bunga Lily, Dracaena, dan Autum Crocus. Ada 12 tanaman yang biasa bagi manusia, namun beracun bagi kucing. Antara lain, bunga Lily, Dracaena, dan Autum Crocus. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia --

Tanaman yang tampak biasa saja bagi manusia bisa beracun terhadap makhluk lain. Kucing, misalnya. Makhluk berbulu ini rentan terhadap sejumlah tanaman umum.

Sebagaimana dilansir SheKnows, Minggu (25/10), pemelihara sebaiknya menjauhkan kucing dari sejumlah tanam yang beracun bagi mereka. Setidaknya, ada 12 tanaman yang beracun bagi kucing.

  • Bunga Lily
    Hanya butuh satu gigitan daun atau serbuk sari bunga lily bisa membuat kucing lesu dan muntah dalam satu jam setelah dikonsumsi. Bila tidak ditangani kucing bisa mengalami gagal ginjal.
  • Tanam yang mengandung calcium oxalate
    Bagian beracun dari tanam yang mengandung calcium oxalate adalah duri yang sangat kecil pada batang dan daun. Bila dikonsumsi kucing, tanaman ini bisa mengakibatkan peradangan mulut, gusi, dan muntah berlebih.
  • Dracaena
    Kurang lebih ada sekitar 40 tanaman dracena. Kucing yang memakan daun tanam dracena akan mengalami  depresi, kehilangan nafsu makan, hingga muntah darah.
  • Autumn crocus
    Kucing yang memakan bagian apa pun dari tanaman ini akan merasa panas seperti terbakar di bagian mulut, muntah, diare, kejang, kerusakan hati, kerusakan ginjal, dan aritmia jantung. Kucing yang mengalami ini bisa dibawa ke dokter hewan.
  • Bunga Daffodil
    Mengkonsumsi bagian apa pun dari daffodils akan membuat kucing muntah, diare, sakit perut, aritmia, kejang, dan penurunan tekanan darah yang drastis. Kucing yang mengalami ini bisa dibawa ke dokter hewan.
  • Tulip
    Kucing tidak akan mengalami keluhan yang fatal setelah mengkonsumsi tulip. Beberapa keluhan yang akan muncul adalah iritasi mulut, produksi air liur berlebih, dan mual.
  • Palm Sago

Tanaman ini sangat beracun bagi kucing, bagian yang paling beracun adalah biji. Kucing yang mengkonsumsi tanaman ini akan mengalami muntah, diare berdarah, gangguan perdarahan, gagat hati, dan kematian.


  • Azaleas/rhododendrons
    Sedikit daun tanaman ini bisa menyebabkan iritasi mulut, muntah, dan diare bila dikonsumsi kucing. Bahkan, yang terparah ada yang mengalami penurunan tekanan darah, koma, dan kematian.
  • Kalanchoe
    Pada tanaman ini terdapat bunga kecil yang lebat sehingga menarik perhatian kucing. Namun, bila dikonsumsi akan membuat kucing muntah, diare, dan aritmia jantung.
  • Marijuana
    Kucing yang mengkonsumsi mariyuana akan berpengaruh pada sistem saraf. Marijuana juga bisa menyebabkan muntah, diare, peningkatan detak jantung, kejang, dan koma.
  • Lidah buaya
    Meski bermanfaat bagi manusia, lidah buaya bisa membuat kucing muntah, depresi, diare, kejang, perubahan warna urin, dan anoreksia. Bila tidak ditangani akan berdampak panjang bagi kucing.
  • Ivy
    Kucing yang mengkonsumsi tanaman ini akan mengalami muntah, sakit perut, hipersalivasi, dan diare. Gejala tersebut tidak fatal dan bisa diatasi dengan memastikan kucing mendapat banyak cairan.
(adp/bir)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK