Cara Membuat Kokedama, Tren Tanaman Hias dari Jepang

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 31/10/2020 16:47 WIB
Salah satu jenis tren tanaman hias adalah kokedama yang merupakan gumpalan lumut berbentuk bola. Simak cara-cara membuat kokedama dan tips merawatnya. Salah satu jenis tren tanaman hias adalah kokedama. Artikel ini memuat cara membuat kokedama dan merawatnya. (Foto: iStockphoto/Hana-Photo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tren tanaman hias masih terus berkembang seiring masyarakat mencari kegiatan di rumah. Salah satu tren tanaman hias yang kerap dibincangkan adalah kokedama.

Kokedama sendiri merupakan seni tanaman asal Jepang. Kata "koke" berarti lumut, sedangkan "dama" adalah bola. Kokedama merupakan gumpalan lumut yang berbentuk seperti bola. Cara membuat kokedama bisa dipelajari untuk menambah koleksi tanaman hias.

Membuat kokedama bisa dilakukan di rumah dengan alat sederhana yang bisa ditemukan di toko perkakas. Selain sebagai penghias lingkungan rumah Anda, membuat kokedama juga bisa mengisi waktu luang di rumah.


Bahan dan Alat Membuat Kokedama

Sejumlah bahan dan alat harus disiapkan. Bahan bisa dibeli di toko tanaman, sedangkan alat-alat pendukung bisa ditemukan di toko perkakas. Berikut di antaranya:

Bahan:

  • Lumut gambut
  • Media tanam/tanah akadama
  • Lumut spaghnum lembar
  • Benang wax
  • Tanaman dengan ukuran sesuai

Alat:

  • Gunting
  • Mangkuk
  • Sarung tangan latex
  • Gelas ukur

Cara Membuat Kokedama

Setelah bahan dan alat tersedia, Anda bisa memulai rangkaian cara membuat kokedama secara bertahap. Pertama, tentukan terlebih dahulu tanaman yang akan Anda buat kokedama dengan ukuran proporsional.

1. Membuat bola

Hal pertama yang bisa dilakukan pada langkah ini adalah mencampurkan tanah akadama dengan lumut gambut dengan perbandingan 1 banding 1.

Beri air sedikit demi sedikit untuk memastikan bola terbentuk dengan tingkat konsistensi yang Anda inginkan. Gunakan sarung tangan latex agar tangan tidak lengket dan kotor.

Ukuran standar bola kokedama adalah 10 centimeter atau kurang lebih segenggam dua tangan orang dewasa. Setelah bola terbentuk di tangan, buat lubang di atas bola menggunakan kedua ibu jari. Lubang tersebut diperuntukkan untuk tempat masuk akar tanaman.

Group of people learning ornamental gardening with Kokedama Japanese techniqueIlustrasi: Pastikan bola kokedama ada di konsistensi yang tepat, ini merupakan hal penting dalam cara membuat kokedama (Foto: iStockphoto/LeoPatrizi)

2. Memasukkan tanaman ke bola Kokedama

Lepas tanaman Anda dari pot asalnya dengan benar. Pastikan akar ikut terbawa agar tanaman tersebut tetap hidup.

Setelah itu, masukan akar tanaman Anda ke lubang bola kokedama yang sudah dibuat oleh ibu jari Anda. Selanjutnya, pastikan akar masuk dalam bola seluruhnya.

Padatkan bola kokedama sehingga tanaman kokoh tertanam di bola tersebut. Pastikan lagi bola berbentuk bulat sempurna agar bentuknya indah untuk dipajang.

3. Melapisi Kokedama

Jika tanaman sudah dipastikan tertanam kokoh, Anda harus melapisi adonan tanah berbentuk bola tersebut. Hal pertama yang dilakukan adalah menyiapkan lumut spaghnum lembar dan merendamnya dengan air hangat.

Langkah selanjutnya, cari lembaran lumut spaghnum yang luasnya mampu membungkus adonan bola. Lalu, bungkus dengan rapi adonan bola, hingga seluruh permukaan terlapisi lumut spaghnum.

4. Mengikat bola

Setelah seluruh permukaan dipastikan terlapisi lumut spaghnum, sekarang saatnya mengamankan bentuk bola kokedama dengan mengikatnya. Ini merupakan langkah penting dalam cara membuat kokedama.

Pegang bola kokedama dengan satu tangan, lalu balut bola dengan benang wax dari dan ke segala arah. Agar tetap indah, baiknya arah balutan benang diatur menjadi sebuah pola. Namun, pastikan tali tersebut cukup kokoh menjaga bentuk kokedama.

Group of people learning ornamental gardening with Kokedama Japanese techniqueKokedama salah satu seni betanam dari jepang. Cara membuat kokedama mudah dilakukan (Foto: iStockphoto/LeoPatrizi)

Cara Merawat Kokedama

Setelah bola-bola kokedama jadi, tentu harus dirawat agar tetap tumbuh dan bentuknya tetap indah. Garden Gate menulis beberapa poin yang dianjurkan dalam merawat kokedama, sebagai berikut:

  • Untuk menjaga kadar air media tanam, Anda bisa merendam kokedama di air selama 5 sampai 10 menit, hingga kokedama terasa berat dan ada di tingkat kelembapan yang sesuai.
  • Biarkan dulu kokedama tumbuh tanpa bantuan sinar matahari. Paparan sinar matahari di usia awal kokedama dapat menyebabkan tanaman gosong.
  • Beri pupuk kokedama beberapa pekan sekali. Campurkan pupuk dalam air ketika merendam kokedama.
  • Jika tanaman kokedama memperlihatkan tanda-tanda stres, pindahkan ke mendia tanam yang lebih besar.

Itu lah cara membuat kokedama dan merawatnya. Kokedama merupakan salah satu alternatif gaya merawat tanaman hias dan mampu mempercantik lingkungan rumah Anda.

(fjr/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK