Cara Membuat Tanaman Bonsai untuk Hiasan Interior

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 27/10/2020 12:14 WIB
Teknik pemeliharaan dan pembentukan cabang bonsai butuh keterampilan dan memakan waktu. Jika tertarik, simak cara membuat tanaman bonsai berikut. Teknik pemeliharaan dan pembentukan cabang bonsai butuh keterampilan dan memakan waktu. Jika tertarik, simak cara membuat tanaman bonsai indoor berikut. (Foto: iStockphoto/Delaney Van)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tanaman hias bonsai menciptakan kesan alami yang cocok untuk hiasan di dalam ruangan. Tak cuma sebagai penyalur hobi, merawat tanaman bonsai juga bagian dari seni.

Mulai dari pemotongan, pemangkasan, hingga pembentukan cabangnya butuh keterampilan dan cukup memakan waktu. Jika tertarik memeliharanya di dalam rumah, simak cara membuat tanaman bonsai untuk hiasan interior.


Mengenal Tanaman Bonsai

Merujuk laman Bonsai Tree Gardener, bonsai adalah seni membuat miniatur dari pohon berukuran normal yang ditanam di dalam pot berukuran kecil.

Jadi, bonsai bukanlah mengerdilkan pohon secara genetik.

Kegiatan menanam bonsai pertama kali dipopulerkan oleh bangsa Tiongkok ribuan tahun silam. 

Membuat tanaman bonsai tidak hanya menanam pohon di wadah, tetapi dibutuhkan proses yang panjang dan teknik khusus untuk mendapatkan tanaman bonsai yang cantik dan sehat.

Di balik bentuknya yang estetik, cara membuat tanaman bonsai bisa jadi cukup menantang dan proses yang panjang.

Pemiliknya juga harus tahu teknik khusus untuk memosisikan batang dan cabangnya hingga menarik dan semirip mungkin dengan pohon aslinya.

Banner GIF Tips Merawat Tanaman Hias


Memilih Tanaman Bonsai untuk Hiasan Interior

Terdapat beberapa jenis pohon yang dapat dikreasikan menjadi bonsai di dalam ruangan. Jenis pohon yang paling umum dipilih warga untuk dijadikan tanaman bonsai indoor adalah jenis Ficus Bonsai, merujuk Bonsai Empire.

Tanaman dengan daun mirip jarum tipis ini dikenal sebagai tanaman yang mudah berkembang dan memiliki akar yang kuat.

Ficus Bonsai juga toleran terhadap suhu ruangan yang biasanya memiliki tingkat kelembapan yang lebih rendah dan dapat menyimpan air dalam jumlah banyak. Jenis tanaman ini sangat cocok bagi pembudidaya bonsai pemula.

Selain jenis di atas, jenis bonsai lain yang juga sering dijadikan tanaman hias dalam ruangan antara lain tanaman Crassula atau Jade, Carmona atau teh fukien, Schefflera Arboricola atau tanaman Walisongo, dan Sageretia atau plum manis cina.


Cara Membuat Tanaman Bonsai

Tahapan selanjutnya setelah mengetahui jenis tanaman bonsai yang baik untuk dalam ruangan, Anda tinggal mengikuti langkah menanam bonsai yang baik dan benar. Berikut cara membuat tanaman bonsai.

1. Peralatan Khusus Bonsai

bonsai tree and tools on white tableFoto: iStockphoto/ANUCHA JAROENSUK
Sebelum membuat bonsai, Anda harus menyiapkan peralatan khusus yang utama, seperti pot, kawat, alat ukir, gunting, dan beberapa jenis tang.

Sediakan peralatan dan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bonsai, mulai dari pot, tang, gergaji dahan, gergaji daun, gunting daun, kawat, peralatan ukir, span screw, screw clamps dan tali rafia.

Agar menuai hasil yang maksimal, alat yang digunakan hendaknya terbuat dari bahan berkualitas tinggi seperti baja hitam atau stainless steel. Langkah ini sangat penting agar tanaman terhindar dari kerusakan.

Saat ini telah banyak pilihan perlengkapan merawat bonsai yang tersedia di toko tanaman hingga toko peralatan bangunan.


2. Tanah Bernutrisi 

Cara membuat tanaman bonsai selanjutnya yakni pindahkan pohon bonsai ke media tanam yang telah berisi tanah. Perlu diingat, masing-masing tanaman bonsai memiliki kebutuhan tanah yang berbeda-beda.

Agar tanaman bonsai dapat tumbuh dengan sempurna, terutama yang berada di dalam ruangan, baiknya gunakan tanah dengan kandungan nutrisi tinggi.

Anda dapat menggunakan tanah lempung berpasir. Jenis tanah ini sangat baik untuk sebagian besar tanaman bonsai karena dapat menahan nutrisi dan air serta dapat mengalirkan kelebihan air dan elemen lain.

Tanah lempung berpasir juga dapat meningkatkan sirkulasi oksigen pada tanaman.

Di bagian atas pot juga bisa ditambahkan batu-batu kecil, pasir, kerikil dan elemen berukuran kecil lainnya untuk mencegah penyumbatan pada tanah, meningkatkan sirkulasi udara dan mempercepat drainase.


3. Kena Cahaya Matahari

ilustrasi buka jendelaFoto: iStockphoto/Jun
Ilustrasi. Cara membuat tanaman bonsai tumbuh dengan baik adalah memastikan kena cahaya matahari yang cukup. Anda bisa menaruhnya di ambang jendela.

Setelah ditempatkan dalam pot berisi tanah, cara membuat tanaman bonsai agar dapat tumbuh dengan baik yakni berikan suplai cahaya matahari yang memadai.

Kendati di tempatkan di dalam ruangan, tanaman bonsai tetap membutuhkan asupan sinar matahari untuk tumbuh dan berkembang.

Hal ini dikarenakan cahaya matahari sangat penting dalam proses fotosintesis yang menjadi sumber makanan dan energi pada tanaman.

Maka dari itu, pastikan cahaya matahari tetap dapat masuk ke dalam ruangan dan mengenai tanaman bonsai Anda tanpa terhalang benda apa pun.

Anda dapat menempatkannya di dekat jendela yang menghadap ke matahari atau sudut lain yang masih menerima paparan sinar matahari.


4. Sirami Bonsai

Selain cahaya matahari, cara membuat tanaman bonsai supaya tumbuh dengan sehat adalah rutin menyiram pohon bonsai dengan air bersih secara teratur.

Jenis air yang dapat Anda gunakan bisa berupa air sumur, air PAM hingga air hujan.

Perlu diingat bonsai adalah tanaman yang dapat bertahan hidup di lingkungan kering, sehingga jadwal penyiraman juga harus diperhatikan.

Hal ini menjadi penting karena jika terlalu sering disiram, dapat memicu pertumbuhan jamur yang akan menimbulkan kerusakan pada akar dan batang pohon tanaman.


5. Pupuk N-P-K

Cara membuat tanaman bonsai tumbuh baik di dalam ruangan adalah menjaga kebutuhan nutrisinya. Layaknya tumbuhan pada umumnya, tanaman bonsai juga membutuhkan pupuk agar terhindar dari penyakit.

Namun, kebutuhan nutrisi masing-masing bonsai juga berbeda-beda tergantung pada jenis pohon bawaan.

Pupuk ideal untuk kebanyakan pohon bonsai adalah pupuk N-P-K. Pupuk ini memiliki kandungan pH seimbang dan memiliki nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan tanaman seperti Nitrogen, Fosfor, dan Kalium.

Karenanya sebelum membeli pupuk, pastikan keterangan informasi kandungan pupuk pada label kemasan. Selain itu, atur jadwal pemberian pupuk untuk menghindari kelebihan dan kekurangan dosis pada tanaman.


6. Cara Membuat Bonsai dengan Memangkas Akar dan Cabang

Gardening.Foto: iStockphoto/woraput
Cara membuat tanaman bonsai agar memiliki bentuk yang menarik adalah rutin memangkas daun, akar, dan cabangnya.

Setelah mencukupi kebutuhan nutrisi pada tanaman, kita masuk pada tahapan cara membuat tanaman bonsai dalam ruangan Anda memiliki bentuk yang unik dan menarik.

Dalam tahapan ini, Anda dapat memangkas beberapa cabang dan akar tanaman sesuai bentuk yang diharapkan. Nantinya beberapa hari setelah dipangkas, batang dan akar pohon agak melunak dan lemas sehingga mudah dibentuk sesuai keinginan.

Teknik ini dapat dilakukan kapan saja sesuai kebutuhan. Namun ada baiknya jika pemangkasan dilakukan secara terjadwal dan disesuaikan dengan kondisi tanaman sehingga tidak mengganggu regenerasi bonsai Anda.


7. Rapikan Daun

Selain memangkas cabang dan akar pohon, cara membuat tanaman bonsai agar tampil cantik sebagai hiasan ruangan selanjutnya adalah merapikan daun pada tanaman.

Pemangkasan daun sangat penting karena menentukan struktur pada bentuk dan model tanaman.

Misalnya Anda menginginkan gaya tertiup angin, di mana daun hanya tumbuh di satu sisi. Bentuk ini diperoleh dengan memangkas daun secara hati-hati pada kedua sisi pohon hingga terlihat daun pohon seperti tersapu angin.

Supaya mendapatkan bentuk tanaman bonsai yang ideal, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan.

Salah satunya biasakan memangkas daun dan cabang yang tumbuh di dekat batang utama agar potongannya terlihat alami. Namun jangan khawatir, seiring berjalannya waktu, Anda dapat menemukan teknik memotong sendiri.


8. Bentuk dengan Kawat

Bonsai tree against tree bark background. Branches are wired to create the shape of the tree while growing.Foto: iStockphoto/Casarsa
Cara membuat tanaman bonsai adalah membentuknya dengan kawat tembaga agar batang dan cabang terbentuk dengan sempurna.

Setelah tanaman bonsai Anda sehat dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya, kini Anda dapat masuk ke proses pembentukan desain bonsai menggunakan kawat.

Ini adalah salah satu cara membuat tanaman bonsai yang membutuhkan ketelitian dan tingkat kerumitan yang tinggi.

Teknik ini berasal dari Jepang dan menjadi salah satu metode yang paling sering digunakan adalah membuat tanaman bonsai dengan bentuk asimetris.

Untuk mengaplikasikan teknik ini, Anda membutuhkan beberapa kawat yang berfungsi untuk menjepit batang dan cabang pohon agar sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Agar hasil lebih maksimal, dianjurkan menggunakan kawat tembaga karena lebih kuat menahan posisi batang pohon tetap pada tempatnya dibandingkan kawat aluminium.

Sebagai catatan, kabel tembaga dapat merusak cabang dan batang pohon jika penggunaannya tidak diawasi dengan cermat.

Nah bagi Anda yang masih pemula disarankan untuk menggunakan kawat aluminium karena lebih mudah digunakan dan tidak mudah melukai cabang pohon bonsai yang halus.


9. Rutin Mengganti Pot Bonsai

Terakhir hal yang perlu diperhatikan terkait cara membuat tanaman bonsai yang bagus untuk hiasan ruangan adalah mengganti pot bonsai secara berkala.

Hal ini dapat Anda lakukan dengan melihat pertumbuhan ukuran batang pohon dan akar pada tanaman.

Mengganti pot secara berkala bertujuan untuk mencegah pertumbuhan batang dan akar tanaman bonsai agar tidak menembus keluar pot.

Dengan demikian, tanaman dapat terlihat rapi dan cantik untuk disimpan di dalam ruangan. Anda juga bisa menggunakan pot dari bahan keramik agar terkesan mewah sekaligus elegan.

Selain teknik-teknik di atas, membuat tanaman bonsai yang bagus sebagai hiasan ruangan juga bisa Anda dapatkan dengan perbanyak latihan untuk meningkatkan keterampilan.

Hal ini dapat Anda lakukan dengan rajin mendatangi pameran dan acara terkait bonsai yang berguna untuk membantu Anda meningkatkan skill membuat bonsai.

Atau bergabung ke komunitas bonsai untuk belajar dan berbagi informasi seputar teknik membuat tanaman bonsai yang baik dan benar. Selamat mencoba.

(nly/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK