Cara Terbaik Menyimpan Madu agar Tetap Awet

tim, CNN Indonesia | Selasa, 03/11/2020 16:50 WIB
Madu memiliki ragam khasiat baik untuk kesehatan ataupun pemanis alami makanan dan minuman. Lalu, bagaimana cara terbaik menyimpan madu tetap awet? Ada beberapa cara terbaik untuk menyimpan madu. (Thinkstock/rvbox)
Jakarta, CNN Indonesia --

Madu memiliki ragam khasiat baik untuk kesehatan ataupun pemanis alami makanan dan minuman.

Selama beberapa waktu, persoalan tentang madu kerap berputar terkait perbedaan madu asli dan oplosan. Namun di balik itu, ada pula yang tak kalah penting, yakni cara memastikan madu tersimpan dengan baik.

Sebagaimana dilansir My Recipes, madu merupakan salah satu bahan yang dapat bertahan dalam waktu yang lama. Tak heran, banyak yang mengira bahwa madu merupakan bahan makanan yang tak bisa basi.


Namun, keawetan madu sendiri sebenarnya bukan karena faktor tak bisa basi, melainkan usia simpan yang panjang.

Usia panjang madu dikaitkan dengan kandungan gulanya yang tinggi (sekitar 80 persen), kadar air rendah, keasaman, dan enzim khusus yang disebut oksidase glukosa yang menekan pertumbuhan bakteri.

Faktor-faktor tersebut yang kemudian menciptakan lingkungan antimikroba yang sempurna.

Hanya saja, ada merek tertentu dari madu dilengkapi dengan air atau tambahan pemanis, yang membuang sifat antimikroba alami madu. Hal itu yang kemudian membuat kualitas madu cepat rusak dan menurun.

Berapa lama madu tetap segar?

Madu yang disimpan dengan benar dapat tetap aman selama beberapa dekade - tetapi kualitasnya mulai menurun setelah satu atau dua tahun.

Madu yang telah melewati masa puncaknya akan menjadi keruh dan mulai mengkristal. Reaksi yang benar-benar alami ini tidak berarti madu tidak aman untuk dimakan, tetapi mungkin hanya tak sesedap dulu.

Lalu bagaimana cara terbaik menyimpan madu?

Kala berbicara tentang penyimpanan madu, kuncinya ada pada wadahnya. Sebagian besar madu yang dibeli di toko memiliki kemasan yang dapat ditutup rapat, dan itu tidak masalah untuk tetap digunakan.

Namun, jika kemasannya rusak atau bocor, segera pindahkan ke wadah lain. Disarankan wadah yang digunakan memiliki tutup kencang dan berbahan dasar kaca.

Setelah madu berada dalam wadah yang tepat, tempatkan di area dengan suhu yang konsisten. Ini juga berarti jauhkan madu dari oven dan sinar matahari.

My Recipes mencatat bahwa tempat terbaik untuk madu biasanya di dapur atau dalam lemari dapur.

Selain itu, madu tak perlu di simpan di lemari es karena itu justru akan membuat madu mengeras.

Cara Membekukan Madu

Penyimpanan madu di dalam lemari es dapat dipertimbangkan jika memiliki banyak stok. Cara ini dapat digunakan untuk mencegah kristalisasi.

Cara terbaik untuk membekukan madu adalah dalam nampan es batu sehingga Anda hanya dapat mencairkan yang Anda butuhkan.

Untuk membekukan madu:

1. Tuang madu ke dalam nampan es batu.

Jangan mengisinya sampai penuh karena madu akan sedikit mengembang saat membeku, sehingga beri sedikit ruang

2. Tempatkan di freezer semalaman.

Setelah madu dibekukan, Anda dapat memindahkan potongan madu beku ke dalam kantong zip-top yang aman untuk freezer. Jangan lupa untuk memberi label dengan tanggal dan bekukan selama beberapa tahun.

(agn/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK