5 Jenis Caladium, Tanaman Keladi yang Sedang Digandrungi

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 04/11/2020 18:52 WIB
Dari sekian banyak hasil kultivar Caladium, ada beberapa jenis yang paling populer dan banyak dicari. Ilustrasi. Dari sekian banyak hasil kultivar Caladium, ada beberapa jenis yang paling populer dan banyak dicari. (iStockphoto/MAsummerbreak)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tanaman Caladium atau keladi kini tengah populer di kalangan pecinta tanaman hias di masa pandemi Covid-19. Dari sekian banyak hasil kultivar Caladium, terdapat beberapa jenis yang paling populer dan banyak dicari.

Caladium merupakan tumbuhan keluarga talas-talasan atau famili Araceae. Ciri utama Caladium adalah daun yang melebar berbentuk seperti anak panah atau kuping gajah.

Caladium merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Dari tujuh spesies yang ditemukan di Amerika, kini terdapat lebih dari 1.000 hasil persilangan atau varietas tanaman yang telah dibudidayakan di seluruh dunia.


Hasil persilangan ini menciptakan corak warna yang unik dan beragam.

Berikut 5 jenis Caladium yang paling populer.

1. Caladium ace of heart

Caladium ace of heart memiliki corak berupa hati di tengah daun yang semakin lama akan semakin membesar. Corak hati yang berwarna putih terlihat cantik pada dasar daun yang berwarna hijau. Sedangkan tulang daun berwarna merah.

2. Caladium pink love

Mirip dengan ace of heart, Caladium pink love juga memiliki bentuk hati di bagian tengah daun. Perbedaannya, corak hati di bagian tengah berwarna merah muda. Selain itu Caladium pink love juga tidak memiliki warna putih.

3. Caladium fiesta

Caladium fiesta memiliki ciri warna daun dengan perpaduan merah, putih, dan hijau. Tulang daun Caladium fiesta berwarna merah sedangkan daun muda berwarna hijau yang lama kelamaan akan memutih dengan warna hijau yang membingkai daun.

4. Caladium green spider

Seperti namanya, Caladium ini memiliki rangka daun seperti sarang laba-laba yang berwarna hijau. Sedangkan daun berwarna merah pekat.

5. Caladium candidum

Caladium candidum terdiri dari dua warna saja yakni hijau dan putih. Tulang daun berwarna hijau pekat sedangkan daun berwarna putih. Perpaduan dua warna ini membuat Caladium candidum tampak elegan.

(ptj/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK