9 Cara Cegah Psoriasis Meradang

tim, CNN Indonesia | Minggu, 08/11/2020 23:52 WIB
Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang menyerang kulit dan tak bisa disembuhkan. Namun, terdapat sejumlah cara mencegah psoriasis meradang. Terdapat sejumlah cara mencegah psoriasis meradang. (iStockphoto/helivideo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang menyerang kulit dan tak bisa disembuhkan. Namun, terdapat sejumlah cara mencegah psoriasis meradang.

Pada penderita psoriasis, sel imunitas menyerang kulit sendiri sehingga membuat kulit memproduksi sel lebih cepat dibandingkan kondisi normal. Akibatnya, muncul ruam kemerahan dan sisik di kulit yang menimbulkan rasa gatal.

Pada kondisi yang parah, psoriasis menyebabkan kulit keras dan bernanah.


Gejala psoriasis dapat dicegah dengan sejumlah pengobatan medis dan juga modifikasi gaya hidup sehat.

"Modifikasi gaya hidup sehat efektif untuk mencegah kekambuhan dan meradangnya psoriasis. Dengan begitu pengobatan lebih baik, remisi atau tidak munculnya gejala lebih lama, dan kualitas hidup lebih baik," kata Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Danang Tri Wahyudi, dalam webinar Novartis, Kamis (5/11).

Berikut sembilan cara mencegah psoriasis meradang.

1. Diet sehat dan seimbang

Pola makan yang sehat dan seimbang dapat mencegah psoriasis meradang. Konsumsi makanan bernutrisi tinggi untuk menjaga kekebalan tubuh tetap baik.

Hindari mengonsumsi kalori berlebih, makanan tinggi gula, dan tinggi lemak karena dapat mengaktifkan autoimun yang membuat psoriasis meradang.

2. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan dan menjaga berat badan dalam kondisi seimbang dapat mencegah psoriasis. Pasalnya, lemak yang menumpuk di dalam tubuh dapat meningkatkan kekambuhan psoriasis.

3. Rutin olahraga

Ilustrasi LariFoto:
Ilustrasi olahraga. (Pixabay/maxmann)

Lakukan olahraga rutin untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Pilih olahraga yang tidak memberikan banyak tekanan pada sendi. Misalnya berjalan, yoga, dan berenang.

4. Berhenti merokok

Zat-zat yang terdapat di dalam rokok menyebabkan sel imunitas melemah dan membuat psoriasis semakin cepat meradang.

5. Hindari alkohol

Konsumsi alkohol juga menimbulkan reaksi pada sistem kekebalan tubuh yang dapat memicu psoriasis/

6. Menjaga tekanan darah

Selalu pastikan tekanan darah terkontrol dengan baik. Tekanan darah yang tinggi dapat memicu psoriasis. Hipertensi juga merupakan komorbiditas tertinggi pada orang dengan psoriasis.

7. Menjaga gula darah

Selain tekanan darah, kadar gula darah juga harus dikontrol dengan baik. Kadar gula darah yang tidak stabil menyebabkan psoriasis meradang.

8. Menjaga kadar kolesterol

Hindari makan makanan yang dapat meningkatkan kolesterol karena dapat membuat psoriasis kembali muncul.

9. Atasi stres

Stres dapat memicu munculnya psoriasis di kulit. Kelola stres secara baik dengan menenangkan pikiran dan juga melakukan aktivitas yang baik untuk kesehatan mental.

Dengan menjalani gaya hidup sehat ini, Anda bisa mencegah psoriasis meradang.

(ptj/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK