Berlian Langka 'The Spirit of the Rose' Dilelang di Jenewa

tim, CNN Indonesia | Senin, 09/11/2020 09:33 WIB
Berlian merah muda langka akan dilelang di Jenewa pada 11 November oleh Sotheby's, yang mengatakan nilainya sangat tinggi antara Rp326,8 miliar-Rp540 miliar. Berlian merah muda langka akan dilelang di Jenewa pada 11 November oleh Sotheby's, yang mengatakan nilainya sangat tinggi antara Rp326,8 miliar-Rp540 miliar.(AFP/FABRICE COFFRINI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah berlian merah muda langka akan dilelang di Jenewa pada 11 November oleh Sotheby's, yang mengatakan nilainya sangat tinggi antara US$23 dan US$38 juta (Rp326,8 miliar-Rp540 miliar).

Berlian merah muda ini dinamakan "The Spirit of the Rose" setelah balet Rusia yang terkenal, berlian 14,83 karat yang ditambang di Rusia adalah yang terbesar yang pernah ada di bawah palu dalam kategorinya - "ungu-merah muda hidup yang mewah".

"Kemunculan berlian merah muda di alam sangat langka dalam berbagai ukuran," kata Gary Schuler, kepala divisi perhiasan Sotheby, dalam sebuah pernyataan dikutip dari AFP.


"Hanya satu persen dari semua berlian merah muda yang lebih besar dari 10 karat."

Benoit Repellin, kepala lelang perhiasan mewah di Sotheby Jenewa, mengatakan berlian berbentuk oval itu "benar-benar murni."

Berlian kasar itu ditemukan oleh Alrosa Rusia - salah satu produsen berlian terkemuka dunia - di Republik Sakha di timur laut negara itu pada Juli 2017.

Repellin mengatakan butuh waktu yang melelahkan untuk memotong master untuk mengubah dan memoles berlian.

Sotheby mengatakan rekor lelang dunia untuk berlian dan batu permata atau permata adalah "CTF Pink Star," berlian merah muda oval 59,60 karat yang dijual seharga US$71,2 juta di Hong Kong pada 2017.

Menurut Repellin, lima dari 10 berlian paling berharga yang pernah dijual dilelang berwarna merah muda.

Penjualan permata ini bertepatan dengan penutupan tambang berlian merah muda terbesar di dunia di Australia setelah cadangan batu mulia itu habis.

Tambang Argyle, di wilayah terpencil Kimberley di Australia Barat, menghasilkan lebih dari 90 persen berlian merah muda dunia.

(chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK