5 Cara Buat Rumah Sejuk Tanpa AC

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 03/12/2020 07:32 WIB
Terdapat beragam cara agar rumah tetap sejuk tanpa AC dengan metode yang lebih hemat energi dan biaya. Terdapat beragam cara agar rumah tetap sejuk tanpa AC dengan metode yang lebih hemat energi dan biaya. (Pixabay/andremergulhaum)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menyalakan AC atau penyejuk ruangan memang akan membuat rumah terasa lebih sejuk dan nyaman, terutama di masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

Hanya saja, tagihan bisa melonjak kalau-kalau penggunaannya tidak terkendali. Untuk menyiasati hal itu, Anda dapat melakukan sejumlah cara agar rumah tetap sejuk dengan metode yang lebih hemat energi dan biaya.

Berikut 5 cara membuat rumah sejuk dan nyaman meski tanpa AC, dilansir dari Asiaone.


1. Pasang tirai

Sinar matahari, selain baik untuk kesehatan fisik dan emosional, juga dapat mengundang banyak panas dan kehangatan ke dalam rumah Anda.

Belilah tirai anti tembus pandang atau kerai yang menahan sinar matahari sepenuhnya dan tutup pada saat-saat terpanas hari itu, biasanya antara pagi hingga sore hari.

Pilih yang berwarna terang karena warna terang memantulkan cahaya sementara warna yang lebih gelap menyerap cahaya.

Jika Anda memang membutuhkan sedikit sinar matahari, buka jendela yang tidak langsung menghadap matahari, misalnya tidak menghadap ke arah barat.

2. Tempelkan kaca film surya

Jika memasang tirai terasa mengganggu pemandangan Anda, pertimbangkan untuk membeli kaca film surya dan tempelkan ke jendela Anda. Ini dirancang untuk memantulkan atau menyerap panas tanpa menghalangi pandangan.

3. Pasang kipas angin kamar mandi

Salah satu area rumah yang paling lembab adalah kamar mandi, karena sering kali basah. Apalagi jika ditambah dengan pancuran air panas.

Udara lembab dari kamar mandi akan masuk ke rumah dan membuatnya terasa tidak sejuk.

Untuk mengatasi hal ini, belilah kipas angin kamar mandi yang akan membantu menyedot semua udara lembap dari kamar mandi ke luar, serta membantu menjaga ruangan Anda tetap sejuk dan kering.

4. Hiasi dengan tanaman

Ruang hijau kerap terasa jauh lebih sejuk karena tanaman menyerap panas secara alami untuk fotosintesis. Coba pertimbangkan untuk mendandani ruangan Anda dengan sejumlah tanaman hias.

Pilih tanaman tinggi dengan daun besar dan lebat serta tanaman yang menyukai banyak sinar matahari sehingga Anda dapat menemukannya di dekat jendela untuk memberikan keteduhan ekstra.

Tanaman yang menyukai matahari termasuk lidah buaya dan tanaman monstera yang populer.

5. Gunakan seprai katun atau linen

Hindari sutra atau bahan poliester lainnya ketika harus memilih bahan seprai tempat tidur karena ini memerangkap panas dan kelembapan (keringat).

Gunakan bahan seperti katun dan linen, yang lebih adem dan memungkinkan panas menghilang, serta membuat Anda merasa sejuk sepanjang malam.

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK