Gunung di Jepang yang Berubah Warna pada Oktober

CNN Indonesia | Rabu, 11/11/2020 16:50 WIB
Pemandangan kekuningan di wilayah Murodo-Daira mencapai puncaknya pada Oktober. Wilayah Murodo-Daira di Jepang. (iStockphoto/takenobu)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada pemandangan berbeda di Murodo-Daira, wilayah atas dari dataran lava Midagahara di daerah Toyama, setiap musim gugur, yakni perubahan warna kekuningan pada pegunungan dan perbukitannya.

Pemandangan kekuningan di Murodo-Daira mencapai puncaknya pada Oktober.

Sementara pemandangan bunga yang bermekaran bisa disaksikan lebih awal, atau pada musim panas, sekitar Juni sampai Agustus.


Murodo-Daira berada di ketinggian 2450 mdpl. Wilayah ini merupakan jantung dari Rute Alpen Tateyama Kurobe (Rute Alpen Tateyama Kurobe), rute pendakian Pegunungan Tateyama yang populer di kalangan pendaki.

Pendakian di wilayah ini biasanya dibuka sejak pertengahan April hingga awal November.

Medan pendakiannya beragam, ada yang untuk pemula sampai profesional.

Pendakian ke puncak Gunung Tateyama setinggi 3.015 mdpl, salah satu puncak tertinggi di Jepang, "hanya" membutuhkan waktu sekitar dua jam (sekali jalan) dan tidak terlalu menantang, meskipun sepatu hiking yang tepat tetap diperlukan.

Selain mendaki satu dari 100 gunung terkenal di Jepang, Gunung Tateyama, kegiatan wisata Murodo juga termasuk melihat kolam belerang Jigokudani, diterjemahkan secara harfiah sebagai "Lembah Neraka," atau berkemah di daerah sekitarnya.

Kalau masih punya tenaga, silakan sambangi Kuil Oyama yang ada di puncak gunung.

[Gambas:Instagram]

Bagi yang ingin berski, silakan datang pada akhir musim gugur sampai menjelang musim semi, atau sekitar pertengahan April hingga pertengahan Juni.

Medan ski di sini sangat unik karena berbentuk lorong es setinggi 15 meter.

Lorong es tersebut bisa dilihat dari bus yang menghubungkan Murodo dengan Bijodaira.

Pejalan kaki juga bisa menikmati berada di antara lorong es dengan berjalanan dari dekat Terminal Bus Murodo.

Sayangnya, di tengah pandemi virus Corona tahun ini, lorong es untuk pejalan kaki ditutup.

Dari akhir November hingga pertengahan April, atau pada puncak musim dingin, Rute Alpen Tateyama Kurobe akan ditutup, jadi rencanakan perjalanan dengan baik.

Mengutip Japan Guide, Murodo terletak sekitar sepertiga ke dalam Rute Alpen Tateyama Kurobe ketika diakses dari sisi Toyama.

Dari Stasiun Dentetsu Toyama, dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dan 3700 yen untuk sampai ke Murodo melalui kereta, kereta gantung, dan bus.

Di sisi lain, dari Stasiun JR Shinano-Omachi di sisi Nagano, dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dan 7350 yen melalui bus, kereta gantung, dan kereta gantung.

Untuk bermalam di sini, turis bisa memilih Hotel Tateyama, yang merupakan hotel di tempat tertinggi di Jepang, atau berkemah di area Raichozawa.

(ard)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK