Berlian Merah Muda Langka di Rusia Laku Rp374 Miliar

tim, CNN Indonesia | Kamis, 12/11/2020 06:55 WIB
Berlian merah muda langka di Rusia laku senilai US$26,6 juta atau sekitar Rp374 miliar di Jenewa, Rabu (11/11) kemarin. Berlian merah muda langka dii Rusia laku senilai US$26,6 juta atau sekitar Rp374 miliar. (AFP/FABRICE COFFRINI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah berlian merah muda langka yang ditemukan di Rusia laku dijual senilai US$26,6 juta atau sekitar Rp374 miliar dalam lelang di Jenewa, Rabu (11/11) kemarin.

Harga akhir berlian yang dijuluki "The Spirit of the Rose" dengan 14,83 karat ini termasuk mencatat rekor dunia untuk kategori berlian ungu-merah muda.

Sebagaimana dilansir AFP, hanya butuh waktu beberapa menit untuk mencapai tawaran senilai ratusan miliar setelah batu seukuran marmer ini muncul dalam lelang online.


Pembeli akhir berlian ini memilih identitasnya tetap anonim.

Juru lelang Sotheby, Benoit Repellin, menyebut berlian itu merupakan "keajaiban alam". Dia kemudian menambahkan bahwa harga permata merah muda akan naik karena semakin langka.

Berlian 'The Spirit of the Rose' ini dipoles dari batu 27,85 karat yang ditemukan pada 2.017 oleh perusahaan tambang berlian Alrosa - salah satu produsen berlian terkemuka dunia - di Republik Sakha di timur laut Rusia.

Repellin mengungkapkan butuh waktu sekitar satu tahun kerja untuk memotong master dan mengubahnya menjadi sebuah bentuk dengan mempertahankan warna merah jambu.

Berlian merah muda merupakan permata berharga paling langka dan paling laris di pasar global.

Sotheby mengatakan rekor lelang dunia untuk berlian dan batu permata atau permata adalah "CTF Pink Star," berlian merah muda oval 59,60 karat yang dijual seharga US$71,2 juta di Hong Kong pada 2017.

Menurut Repellin, lima dari 10 berlian paling berharga yang pernah dijual dilelang berwarna merah muda.

Penjualan permata ini bertepatan dengan penutupan tambang berlian merah muda terbesar di dunia di Australia setelah cadangan batu mulia itu habis.

Tambang Argyle, di wilayah terpencil Kimberley di Australia Barat, menghasilkan lebih dari 90 persen berlian merah muda dunia.

(agn/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK