Kala Si Dia Terus Membahas Mantan Kekasih pada Kencan Pertama

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 05/12/2020 19:19 WIB
Membicarakan mantan kekasih pada kencan pertama bersama orang baru bukan-lah ide yang baik. Ilustrasi. Membicarakan mantan kekasih pada kencan pertama bersama orang baru bukan-lah ide yang baik. (Tord Sollie)
Jakarta, CNN Indonesia --

Banyak kesalahan yang bisa saja terjadi pada kencan pertama. Namun, satu hal yang biasanya paling menyebalkan adalah saat pasangan kencan terus membicarakan mantan kekasihnya.

Relationship expert, Julie Spira, mengatakan bahwa kecenderungan untuk terus membicarakan mantan kekasih pada kencan pertama bersama orang lain tak bisa dibiarkan begitu saja. Terus berbicara soal mantan kekasih, lanjut Spira, menjadi petanda bahwa ada masalah yang belum terselesaikan di antara mereka.

"Berkencan adalah kesempatan untuk mempelajari sesuatu dari orang baru yang membuat Anda tertarik, bukan tempat untuk memikirkan masa lalu," ujar Spira, melansir Elite Daily.


Interpretasi paling jelas yang dihadirkan dari kecenderungan untuk terus membahas mantan kekasih adalah bahwa mereka belum sepenuhnya melupakan hubungan yang pernah dijalaninya.

"Anda bukan prioritas. Mereka tidak siap secara emosional untuk memulai hubungan baru," kata Spira.

Pada beberapa kasus, seseorang bahkan menjelek-jelekan mantan kekasih di depan pasangan barunya. Cara ini memperlihatkan bahwa pasangan Anda menyimpan kebencian terhadap seseorang di masa lalunya yang tak sengaja mereka tunjukkan pada Anda.

Namun, membicarakan mantan kekasih dalam kencan tak selalu negatif. Relationship expert, Cherlyn Chong mengatakan, Anda perlu melihatnya dari konteks apa yang diangkat dalam pembicaraan.

Ilustrasi kencanIlustrasi. Membicarakan mantan kekasih pada kencan pertama bukan-lah ide yang baik. (Brodie Vissers via StockSnap)

Tak apa jika pasangan membicarakan mantan kekasihnya dalam konteks membina hubungan persahabatan yang baik. "Terkadang, orang hanya bersyukur atas pengalaman belajar yang didapat dari mantan kekasihnya," kata Chong.

Yang Harus Dilakukan

Mendengarkan pasangan terus menerus berbicara tentang mantan kekasih memang menyebalkan. Namun, Anda perlu cukup memakluminya jika itu dilakukan pada kencan pertama.

Tapi, jika pada kencan kedua pasangan masih membahas hal yang sama, itu menjadi indikasi jelas bahwa mereka terjebak di masa lalu. Spira menyarankan Anda berterus terang untuk mengeluarkan pertanyaan tentang hal tersebut.

"Saatnya menyela mereka dan langsung bertanya, apakah mereka lebih suka bersama mantan atau dengan Anda pada kencan ini," ujar Spira.

Selain itu, perhatikan pula bagaimana cara si dia memberikan jawaban. Jika jawaban dirasa negatif, maka saatnya Anda untuk balik badan. Pasalnya, jawaban negatif menandakan bahwa mereka jelas belum berpindah dan menyelesaikan masalah mereka.

"Kehadiran mantan kekasih-sekalipun hanya lewat cerita-tak menjadi awal yang baru dan baik untuk sebuah hubungan," kata Spira. Belum lagi fakta jika pasangan kerap membanding-bandingkan Anda dengan mantan kekasihnya.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK