Banyu Tibo, Keelokan Air Terjun Langsung ke Pantai di Pacitan

CNN Indonesia | Jumat, 13/11/2020 17:50 WIB
Di Pantai Banyu Tibo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, ada pemandangan air terjun yang percikannya langsung bermuara ke lautan. Ilustrasi. (Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata)
Jakarta, CNN Indonesia --

Anda suka wisata pantai, tapi pasangan Anda lebih suka wisata air terjun? Maka Pantai Banyu Tibo jawabannya.

Pantai Banyu Tibo berada di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini sudah lama dikenal dengan objek wisata alam 2 in 1, yakni pantai dan air terjun dalam satu area.

Berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Pacitan - yang juga dikenal sebagai Kota 1.000 Gua, Pantai Banyu Tibo tepatnya berlokasi di wilayah selatan, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.


Dalam bahasa Jawa nama pantai ini berasal dari kata 'banyu tibo' yang berarti air yang terjatuh, amat sesuai dengan lanskapnya.

Setelah jatuh di pasir, percikan air terjun yang tak terlalu tinggi ini langsung bermuara ke lautan.

Jarak antara pantai dan air terjun juga tak begitu jauh, sehingga turis bisa main air di dua tempat sekaligus.

Banyak blog wisata yang menulis kalau air terjun dan pantai dalam satu area merupakan fenomena alam yang jarang ada di dunia, sehingga Indonesia patut berbangga karena memiliki salah satunya.

Turis yang sudah pernah datang juga amat terkesan dengan fenomena alam tersebut, di mana air tawar bertemu dengan air asin di satu tempat.

Pantai Banyu Tibo diapit gugusan karang nan megah. Garis pantainya yang berada di cekungan tebing tidak begitu lebar dan panjang seperti kebanyakan pantai lain.

Bila ingin bermain air di pantainya, pastikan datang saat air laut surut.

Terletak di pesisir Kabupaten Pacitan, Pantai Banyu Tibo memiliki ombak besar khas pantai selatan. Jadi, perlu kehati-hatian saat bermain air di sana.

Jangan bersedih hati jika datang saat datang air laut terlanjur pasang, karena turis masih bisa menikmati pemandangan Pantai Banyu Tibo dari ketinggian tebing.

Karena letaknya yang cukup tersembunyi, belum banyak turis yang datang ke sini kecuali warga lokal.

Oleh karena itu, jangan meninggalkan sampah jika bermaksud piknik di pantai ini.

Kalau berencana berwisata di sana dalam waktu dekat, jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan pencegahan virus Corona demi menjaga keselamatan diri dan yang lainnya.

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Instagram]

(ard)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK