5 Manfaat Berkumur dengan Air Garam

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 13/11/2020 17:30 WIB
Air garam dapat dijadikan sebagai obat kumur. Ada beberapa manfaat berkumur dengan air garam. Ilustrasi. Sebagai obat kumur, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari berkumur dengan air garam. (iStockphoto/Tharakorn)
Jakarta, CNN Indonesia --

Air garam dapat dijadikan sebagai obat kumur. Terdapat beberapa manfaat berkumur dengan air garam.

Air garam sudah lama digunakan sebagai metode pengobatan tradisional. Racikan air garam dapat dibuat dengan mencampurkan air dan garam secukupnya. Racikan ini aman untuk anak di atas 6 tahun. Selain murah dan mudah dibuat, air garam juga dapat meredakan sejumlah gejala.

Dikutip dari Healthline garam telah terbukti secara ilmiah membantu mengeluarkan air dari jaringan mulut, sekaligus menghalangi patogen berbahaya agar tidak masuk kembali ke dalam jaringan mulut.


Sifat garam ini dapat mencegah virus dan bakteri serta mengurangi kemungkinan infeksi di mulut dan tenggorokan.

Berikut manfaat berkumur air garam.

1. Meredakan sakit tenggorokan

Berkumur dengan air garam dapat meredakan gejala sakit tenggorokan. Studi klinis beberapa tahun lalu masih merekomendasikan berkumur dengan air garam untuk meredakan sakit tenggorokan.

2. Mengatasi infeksi sinus dan pernapasan

Studi juga menunjukkan bahwa air garam dapat membantu mengurangi keparahan infeksi. Studi pada 2013 juga mendapati berkumur air garam dapat mencegah infeksi ulang suatu penyakit.

3. Mengobati alergi

Berkumur dengan air garam juga meredakan reaksi alergi yang muncul di tenggorokan.

4. Membersihkan rongga mulut

Air garam dapat mengeluarkan air dan bakteri di rongga mulut sekaligus melindungi gusi. Air garam juga mencegah radang gusi, periodontitis, dan gigi berlubang.

5. Meredakan sariawan

Berkumur dengan air garam juga dapat mengurangi peradangan karena sariawan. Studi pada 2016 merekomendasikan berkumur dengan air garam sebagai penanganan terbaik untuk meredakan sariawan pada anak-anak.

(ptj/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK