Studi: Pasien Sembuh Covid-19 Kesulitan Hidup Normal

CNN Indonesia | Minggu, 15/11/2020 11:21 WIB
Studi terbaru menunjukkan pasien yang sembuh dari Covid-19 kesulitan untuk kembali hidup normal, baik dari segi kesehatan maupun keuangan. Ilustrasi pasien Covid-19. Studi terbaru menunjukkan pasien yang sembuh dari Covid-19 kesulitan untuk kembali hidup normal, baik dari segi kesehatan maupun keuangan. (AP/Emilio Morenatti)
Jakarta, CNN Indonesia --

Studi terbaru menunjukkan pasien yang telah sembuh dari Covid-19 kesulitan untuk kembali hidup normal, baik dari segi kesehatan maupun keuangan hingga beberapa bulan setelahnya.

Hasil studi ini didapat setelah sekelompok peneliti dari University of Michigan Health System menganalisis 488 pasien Covid-19 yang dirawat dan telah keluar dari rumah sakit. Peneliti menyurvei pasien sembuh dua bulan setelah mereka keluar dari rumah sakit.

Hasilnya, peneliti mendapatkan sepertiga pasien dinyatakan masih mengalami masalah kesehatan seperti batuk, kondisi yang terus memburuk, dan terus kehilangan kemampuan merasa dan mencium.


Hampir separuh pasien menyatakan terpengaruh secara emosional karena Covid-19 yang pernah dideritanya. Sebagian kecil juga merasa mengalami masalah kejiwaan sehingga mencari bantuan perawatan kesehatan mental.

Sekitar 36 persen melaporkan memiliki masalah finansial ringan karena dirawat di rumah sakit. Sekitar 40 persen menyatakan kehilangan pekerjaan atau tidak kuat untuk bekerja kembali.

Lebih dari 25 persen dari pasien sembuh yang kembali bekerja juga mengalami pengurangan jam kerja dan perubahan tanggung jawab.

"Untuk sebagian besar pasien yang selamat, mereka mudah sakit yang berkelanjutan, termasuk ketidakmampuan untuk kembali ke aktivitas normal, gejala fisik dan emosional, dan kerugian finansial, sering terjadi. Data ini mengkonfirmasi dampak Covid-19 melampaui rawat inap," tulis peneliti dalam studi mereka yang dipublikasikan di jurnal Annals of Internal Medicine.

Dikutip dari CNN, studi ini memiliki batasan lantaran hanya menganalisis 488 dari 1.600 pasien yang terdaftar untuk penelitian ini. Sepertiga dari total pasien itu meninggal dunia.

Infografis 6 Kesalahan 'Rutin' Saat Memakai MaskerInfografis 6 Kesalahan 'Rutin' Saat Memakai Masker. (CNNIndonesia/Basith Subastian)

(ptj/end)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK