English Noveau, Rival Beaujolais Noveau dari Inggris

tim, CNN Indonesia | Selasa, 01/12/2020 10:30 WIB
Warga Inggris memiliki varian wine baru English Noveau yang disebut sebagai rival wine Prancis Beaujolais Noveau. Warga Inggris memiliki varian wine baru English Noveau yang disebut sebagai rival wine Prancis Beaujolais Noveau. (AFP/DANIEL LEAL-OLIVAS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bertahun-tahu lalu, pedagang wine di Inggris berlomba-lomba untuk mengamankan Beaujolais Noveau sebagai persediaan mereka. Namun kini, mereka tak perlu risau lagi, Inggris berhasil membuat wine merah muda pertamanya di dekat perbatasan Inggris dan Wales, English Nouveau.

"Ini bukan anggur untuk dianggap terlalu serius, ini minuman yang menyenangkan, mengambil semangat Beaujolais Nouveau," pembuat anggur Simon Day menjelaskan di kebun anggurnya di Ledbury, dekat Hereford dikutip dari AFP.

Di tengah suasana suram di seluruh negeri selama pandemi virus corona, dia berharap anggur itu akan menjadi "sinar matahari kecil untuk mengakhiri tahun ini dengan baik.


Sesuai tradisi, "Nouveau Inggris", seperti senama Prancisnya yang lebih terkenal, akan dirilis pada Kamis ketiga bulan November.

Ketika dicium, anggur merah Herefordshire memiliki aroma cherry, blackberry dan cranberry serta buah-buahan eksotis, menurut Day.

Alih-alih varietas tradisional anggur Gamay yang digunakan di Beaujolais, pembuat anggur Inggris menggunakan Pinot Noir.

Jika tidak, proses pembuatan anggur tetap sama, menggunakan maserasi karbonik untuk mengekstrak rasa dan warna dari anggur tanpa rasa tanin yang berlebihan.

Dia ingat bagaimana pada akhir 1970-an dan awal 1980-an pedagang anggur Inggris bersaing untuk menjadi yang pertama membawa kembali Beaujolais Nouveau langsung dari produsennya.

Mereka kembali dari Prancis "mengemudi secepat mungkin" dengan mobil sport yang berisi anggur, katanya kepada AFP.

"Itu adalah acara besar. Banyak pers, banyak media, sangat menyenangkan," pembuat anggur itu menjelaskan, seraya menambahkan bahwa dia berharap anggur merah Inggris yang enak bisa dirayakan dengan cara yang sama.

Seluruh produksi akan berjumlah 2.500 botol dan akan dijual di jaringan supermarket kelas atas Waitrose seharga  11,99 poundsterling (US$ 15,79, 13,36 euro). Harganya lebih mahal daripada Beaujolais Nouveau, yang sebagian besar dijual antara lima dan 10 euro di Prancis.

Kebangkitan anggur Inggris

"Terlepas dari upaya terbaik orang tua saya untuk membuat saya menemukan pekerjaan yang layak, iming-iming anggur telah saya pegang, saya benar-benar ingin membuat anggur," katanya.

Dia bekerja di Australia, Amerika Serikat, dan bahkan Prancis sebelum kembali ke Ledbury, kota pasar bersejarah di tengah antara Worcester dan Hereford dalam bayang-bayang Malvern Hills yang spektakuler.

Kebun anggurnya memiliki keuntungan, dibandingkan dengan kebun anggur lainnya di daerah itu, karena terhindar dari hujan yang datang dari barat, menciptakan apa yang Day gambarkan sebagai "iklim yang relatif kering".

Tanah juga memungkinkan tanaman merambat menggali akarnya jauh ke dalam bumi, sehingga tanaman jadi lebih kuat.

Pembuatan anggur di daerah Inggris tengah-selatan, yang dulunya memiliki reputasi lama untuk sari buah apel, dapat ditelusuri asal-usulnya lebih jauh dari beberapa generasi.

Winemaker Simon Day poses for a photograph with a glass of his 'English Nouveau', a type of Beaujolais wine, at Haygrove Evolution's Sixteen Ridges Winery in Ledbury, west of England, on November 12, 2020. - In times gone by, British wine merchants would race to secure Beaujolais nouveau for their stocks. But now the UKs first red primeur is being made in the ever-expanding vineyards in Herefordshire near the English border with Wales. Foto: AFP/DANIEL LEAL-OLIVAS
English Noveau

Tulisan yang berasal dari tahun 1276 dari Uskup Hereford berisi perintah untuk menanam tanaman merambat di lereng di dekatnya.

Ada juga indikasi bahwa anggur dari kebun anggur telah dikirim ke paus pada saat itu. "Jadi dulu sudah diekspor," kata Day.

Saat ini, 90 persen anggur Inggris dijual secara lokal tetapi juga di Skandinavia, Amerika Utara, dan Australia.

(chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK