7 Manfaat Sehat Main Catur Seperti The Queen's Gambit

tim, CNN Indonesia | Selasa, 17/11/2020 17:36 WIB
Catur kini sedang jadi perbincangan berkat serial Netflix The Queen's Gambit. Ada banyak manfaat bermain catur untuk kesehatan. Catur kini sedang jadi perbincangan berkat serial Netflix The Queen's Gambit. Ada banyak manfaat bermain catur untuk kesehatan.(jarmoluk/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Catur kini sedang jadi perbincangan berkat serial Netflix The Queen's Gambit.

Sebelumnya, banyak orang yang beranggapan bahwa catur adalah permainan untuk orang tua melewati waktu senggang mereka. Tak hanya mengasah otak, terdapat banyak manfaat bermain catur untuk kesehatan dan kehidupan.

Catur adalah permainan strategi yang populer di seluruh dunia dari tahun ke tahun. Permainan ini punya misi menghabiskan pion lawan hingga sang raja mati alias skakmat.


Berikut manfaat main catur untuk kesehatan dan kehidupan.

1. Meningkatkan daya ingat

Main catur melibatkan kemampuan mengingat setiap gerakan maupun strategi yang akan dimainkan untuk bisa memenangkan pertandingan. Rutin bermain catur terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengingat.

2. Mengasah kecerdasan

Studi pada 2017 menunjukkan bermain catur dapat meningkatkan kecerdasan. Dikutip dari Health Line, terdapat dua kecerdasan yang diasah saat bermain catur yakni kecerdasan nalar dan menyelesaikan masalah dengan efektif.

3. Meningkatkan fokus

Bermain catur dapat membiasakan diri untuk fokus dalam menjalankan berbagai tugas maupun aktivitas. Fokus yang tinggi penting agar bisa menyelesaikan setiap persoalan dengan baik.

4. Mengasah kreativitas

Untuk dapat memenangkan permainan catur, perlu kreativitas tinggi agar bisa menyelesaikan persoalan. Studi menunjukkan memainkan pion-pion catur dapat mengasah kemampuan berpikir kreatif.

5. Meningkatkan kemampuan merencanakan

Catur menuntut setiap pemainnya untuk dapat memprediksi strategi lawan dan merencanakan langkah selanjutnya.

Studi mendapati orang yang teratur bermain catur memiliki keterampilan perencanaan yang lebih baik dibandingkan yang tidak main catur.

6. Melindungi otak dari penyakit demensia

Studi juga menemukan bermain catur juga dapat melindungi orang tua dari penyakit otak seperti demensia. Permainan catur mengasah merangsang sel-sel otak untuk tetap aktif.

7. Mengurangi gejala panik

Fokus yang tinggi  dalam bermain catur dapat menenangkan seseorang yang memiliki gejala panik. Studi lain juga menemukan catur dapat membantu meredakan gejala hiperaktif atau ADHD pada anak-anak.

Untuk bisa mendapatkan manfaat bermain catur seperti The Queen's Gambit, Anda dapat mulai rutin menekuni bermain catur setiap hari.

(ptj/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK