6 Cara 'Ngemil' Sehat di Masa Pandemi

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 26/11/2020 07:14 WIB
Sering kali camilan tidak mengandung nutrisi yang menyehatkan. Berikut cara ngemil sehat di masa pandemi. Ilustrasi. Sering kali snack atau camilan tidak mengandung nutrisi yang menyehatkan. (Istockphoto/andresr)
Jakarta, CNN Indonesia --

Snack atau camilan jadi pilihan untuk menemani bekerja dari rumah atau mengisi hari-hari selama pandemi Covid-19. Berikut cara sehat makan snack di masa pandemi.

Studi terbaru dari NPD Group menunjukkan, konsumsi makanan ringan, termasuk snack manis dan gurih meningkat 8 persen selama pandemi. Konsumsi snack meningkat karena banyak orang menjadikan makanan sebagai pelampiasan rasa bosan dan stres di masa pandemi.

Konsumsi camilan berarti menambah asupan kalori yang dapat berkontribusi pada penambahan berat badan hingga obesitas. Belum lagi, kebanyakan snack tidak memiliki nutrisi yang menyehatkan.


Anda dapat menyiasati kebiasaan mengonsumsi camilan dengan sejumlah strategi.

Berikut 6 cara sehat makan snack di masa pandemi, melansir CNN.

1. Berpikir ulang

Sebelum mengambil sebuah camilan ringan, coba berhenti sejenak dan berpikir kembali apakah snack tersebut benar-benar akan memberikan kepuasan. Bagaimana jika sebaiknya diganti dengan kegiatan lain seperti seperti tidur atau mandi?

2. Jangan multitasking saat makan

Jangan makan snack saat mengerjakan sesuatu. Saat fokus hanya tertuju pada makanan, seseorang cenderung lebih dapat menghargai rasa dan tekstur makanan sehingga bisa menentukan kapan harus berhenti makan.

Coba-lah untuk makan perlahan dan menikmati setiap rasa yang muncul.

3. Persiapkan snack jauh-jauh hari

Persiapkan stok camilan jauh-jauh hari untuk menghindari membeli camilan secara impulsif. Pilih snack yang sehat seperti salad buah dan sayur, yogurt, susu, cokelat, dan sebagainya.

4. Tata dapur dengan menarik

Tata dapur atau tempat penyimpanan makanan dengan menarik. Jauhkan dari camilan yang tidak sehat serta ganti dengan buah dan sayur. Letakkan di tempat yang mudah terlihat sehingga lebih menggugah selera.

5. Ganti gula

Saat ingin mengonsumsi makanan yang manis, ganti dengan alternatif lain. Misalnya, mengganti es krim dengan pisang atau pepaya beku, lalu mengganti gula dengan bubuk kayu manis atau madu. Coba-lah mencari bahan-bahan sehat yang dapat mengganti camilan sehari-hari.

6. Perhatikan porsi

Selalu perhatikan porsi camilan yang dikonsumsi. Memastikan porsi camilan dapat membatasi asupan kalori berlebih. Selalu ingat risiko yang akan timbul seperti kelebihan berat badan dan juga penyakit yang mengintai seperti diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK