Memahami Fungsi Kolagen untuk Kulit dan Cara Menjaganya

tim, CNN Indonesia | Selasa, 15/12/2020 20:26 WIB
Kolagen berguna untuk membuat kulit kencang dan sehat, tapi seiring bertambahnya usia, jumlah kolagen terus menurun. Bagaimana cara memperlambatnya? Kolagen membuat kulit tidak kendur dan awet muda. (iStockphoto/yacobchuk)
Jakarta, CNN Indonesia --

Umumnya, sebagian orang mengenal bahwa kolagen memiliki peran dalam menjaga kulit terlihat lebih kencang dan awet muda. Kandungan ini pun cukup sering ditemui dalam produk suplemen hingga perawatan kulit.

Namun, apa sebenarnya kolagen dan manfaatnya pada kulit?

Menurut Dr. Low Chai Ling, pendiri SW1 Clinic, kolagen adalah protein yang menyediakan struktur untuk sebagian besar tubuh. Itu termasuk tulang, kulit, tendon, dan ligamen Anda.


"Kolagen adalah yang membuat kulit kita tidak kendur, memberi kita tampilan yang segar dan awet muda," kata Ling, sebagaimana dilansir AsiaOne.

Dia juga mengatakan bahwa kolagen merupakan protein paling melimpah di dalam tubuh. Namun, produksi kolagen melambat seiring bertambahnya usia.

"Dari usia 30 dan seterusnya Anda dapat memperkirakan jumlah kolagen dalam tubuh Anda akan berkurang seiring waktu. Sekalipun hanya satu atau dua persen per tahun," kata Ling.

Dia menambahkan, "Pengurangan ini merupakan respon tubuh terhadap proses penuaan. Itu adalah bagian alami dari apa yang terjadi seiring bertambahnya usia."

Meskipun penurunan jumlah kolagen pasti terjadi, proses ini dapat diperlambat dengan 'mengganti' kolagen yang rusak dengan kolagen baru sintesis melalui penggunaan produk perawatan kulit.

Selain itu, Dr Gladys Teo, Head of R&D of ést.lab, menambahkan bahwa penurunan jumlah kolagen dapat berkurang pada kulit usia lanjut yang terlindung sinar matahari dibandingkan dengan kulit penuaan yang rusak karena sinar matahari.

Dia kemudian memaparkan bahwa vitamin C dan E adalah antioksidan kuat dan bertindak sebagai perisai kuat untuk melindungi kulit dari kerusakan sinar UV.

"Dengan menggunakan vitamin C dan E, fibroblast penghasil kolagen telah meningkatkan peluang untuk bertahan dari tekanan sinar UV. Lalu vitamin A, seperti retinol. Ini memainkan peran penting dalam merangsang produksi kolagen oleh fibroblas dan mendukung pembaruan sel," ungkap Teo.

Lebih lanjut Teo menganjurkan dengan menjaga kulit Anda agar selalu terhidrasi dengan baik karena memainkan peran penting dalam meningkatkan kolagen.

Pada tingkat molekuler, air menenangkan pergantian dan perakitan kolagen. Air di kulit Anda juga membantu vitamin yang larut dalam air untuk digunakan oleh tubuh untuk produksi kolagen.

"Skincare yang mengandung bahan pelembab dapat membantu mengurangi kehilangan air trans-epidermal. Dengan begitu, dapat menjaga kulit tetap terhidrasi untuk mendukung produksi kolagen," tambahnya.

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK