HARI TOILET SEDUNIA

5 Mitos Seputar Toilet dan Tangki Septik

CNN Indonesia | Kamis, 19/11/2020 17:58 WIB
Peringatan Hari Toilet Sedunia  ini juga musti berhadapan dengan mitos-mitos seputar toilet dan tangki septik. Peringatan Hari Toilet Sedunia ini juga musti berhadapan dengan mitos-mitos seputar toilet dan tangki septik. (iStockphoto/patchanan promunat)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hari Toilet Sedunia (World Toilet Day) yang dirayakan pada Kamis (19/11) mengingatkan masyarakat akan pentingnya toilet dalam kehidupan.

Hari Toilet Sedunia tahun ini rupanya tidak hanya bicara tentang toilet dari segi bangunan atas tetapi juga bangunan bawah. Bangunan bawah berarti septic tank atau tangki septik yang sesuai standar.

Akan tetapi, peringatan tahunan ini juga musti berhadapan dengan mitos-mitos seputar toilet dan tangki septik. Masih ada mitos yang salah juga praktik kurang pas terkait toilet dan tangki septik yang justru bisa membahayakan kesehatan dan lingkungan.


1. Toilet bersih berarti aman

Apakah toilet di rumah Anda sudah aman? Istilah 'aman' ini kerap diartikan sebagai toilet yang bersih, bebas bau, kondisi jamban baik dan ketersediaan air terjamin. Padahal lebih dari sekadar itu, toilet aman berarti toilet yang tidak berkontribusi terhadap pencemaran lingkungan.

Bagaimana agar toilet tidak mencemari lingkungan?

Toilet harus dilengkapi dengan tangki septik terstandar dan dilakukan penyedotan lumpur tinja secara berkala. Kemudian disediakan pula sumur resapan untuk mengelola limbah air agar aman dibuang ke tanah atau badan air. Adri Ruslan, Senior Specialist On-Site Sanitation USAID IUWASH PLUS, menambahkan tangki septik harus dipastikan tidak bocor untuk menghindari perembesan air limbah dan mencemari sumber air.

2. Tangki septik tidak perlu disedot

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK