5 Makanan dan Minuman yang Bikin Ngantuk Usai Makan Siang

tim, CNN Indonesia | Rabu, 25/11/2020 12:52 WIB
Sudah bukan rahasia kalau habis makan siang, rasa ngantuk bakal melanda. Kalau sudah begini, pekerjaan bakal jadi gawat. Mungkin salah pilih menu makan siang? Sudah bukan rahasia kalau habis makan siang, rasa ngantuk bakal melanda. Kalau sudah begini, pekerjaan bakal jadi gawat. Mungkin salah pilih menu makan siang?(Istockphoto/cyano66)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sudah bukan rahasia kalau habis makan siang, rasa ngantuk bakal melanda. Kalau sudah begini, pekerjaan bakal jadi gawat.

Coba tengok lagi makanan apa yang Anda santap saat makan siang. Bisa jadi Anda salah pilih makanan atau minuman yang justru membuat Anda malah mengantuk.

Berikut beberapa jenis makanan dan minuman yang ternyata berpotensi membuat Anda jadi mengantuk. Sebagai catatan, aneka makanan dan minuman ini baik untuk Anda yang punya masalah sulit tidur di malam hari. Konsumsi beberapa saat sebelum tidur akan membantu Anda tidur pulas.


1. Kiwi
Sekilas potongan kiwi yang hijau dan masam terasa sangat menggugah selera dan bisa membuat mata yang mengantuk langsung melek. Namun studi menunjukkan bahwa kandungan serotoin dalam kiwi akan membuat Anda mengantuk.

Selain itu, kandungan antioksidan seperti vitamin C dan karotenoid juga meningkatkan rasa ngantuk.

2. Teh camomile
Mengutip Boldsky, htmlKandungan antioksidan yang tinggi dan juga nol kalori menjadikan teh ini jadi minuman terbaik sebelum tidur. Minum segelas teh kamomil akan membantu melepaskan tensi dan stres sehingga Anda tidur lebih nyenyak. Teh camomile mengandung glycine yang bisa membuat Anda lebih rileks.

3. Nasi putih
Ini adalah makanaan yang tak bisa dilepaskan dari hidangan orang Indonesia dan negara Asia lainnya.

Sesuai dengan penelitian yang terungkap dalam American Journal of Clinical Nutrition, orang yang makan nasi melati untuk makan malam lebih cepat tertidur jika dibandingkan dengan jenis nasi lainnya. Hal ini tentunya juga berlaku ketika makan siang.

Ini juga meningkatkan produksi triptofan serta serotonin dalam darah, sehingga mendorong tidur.

4. Lettuce
Lettuce mengandung laktukarium, yang memiliki khasiat sedatif, dan memiliki efek yang sama pada otak, mirip seperti opium.

Jika Anda sulit tidur di malam hari, cobalah untuk menyantap salad lettuce. Anda juga bisa membuat minuman dari rebusan daun lettuce dengan satu gelas air ditambah dengan dua batang daun mint. Minumlah sebelum tidur.

5. Pisang
Pisang mengandung kalium dan magnesium, yang menenangkan saraf dan otot Anda. Pisang juga mengandung vitamin B6, yang mengubah triptofan menjadi serotonin, yang membuat Anda merasa lebih rileks.

(chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK