5 Makanan yang Harus Dihindari untuk Cegah PCOS

Tim, CNN Indonesia | Senin, 23/11/2020 18:00 WIB
PCOS kerap membuat siklus menstruasi tak teratur. Gangguan ini dapat dicegah dengan menghindari sejumlah makanan yang memicu PCOS. Ilustrasi. Gangguan PCOS dapat dicegah dengan menghindari makanan-makanan pemicu. (morgueFile/frolicsomepl)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sindrom ovarium polikistik atau lebih dikenal dengan PCOS merupakan salah satu gangguan hormon pada perempuan yang paling umum dijumpai. Salah satunya keluh seorang netizen yang tidak menstruasi selama 10 bulan akibat PCOS. Gangguan ini dapat dicegah dengan menghindari sejumlah makanan yang memicu PCOS.

Perempuan dengan PCOS memiliki banyak kista di ovarium yang disebabkan oleh produksi hormon yang berlebihan. PCOS juga dikaitkan dengan obesitas dan insulin yang tinggi. Kondisi ini menyebabkan pengidap PCOS mengalami tidak menstruasi sama sekali, menstruasi yang tidak teratur, dan sakit saat menstruasi.

Oleh karena itu, orang dengan PCOS mesti menghindari sejumlah makanan yang dapat membuat PCOS tidak terkontrol.


Berikut makanan yang harus dihindari untuk mencegah PCOS.

1. Karbohidrat olahan

Hindari karbohidrat olahan atau yang telah banyak diproses dapat menyebabkan peradangan dan resistansi insulin. Karbohidrat olahan diantaranya roti putih, muffin, makanan penutup yang manis, dan makanan yang terbuat dari tepung.

2. Makanan dan minuman bergula

Hindari pula makanan dan minuman manis yang mengandung gula tambahan seperti sukrosa, sirup jagung fruktosa, dan dekstrosa. Dikutip dari Healthline, konsumsi gula pada makanan dan minuman dapat memengaruhi insulin dan memperburuk PCOS.

3. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng memiliki sifat inflamasi yang tinggi sehingga dapat memicu PCOS dan menghambat menstruasi.

4. Makanan berlemak

Dikutip dari Medical News Today, hampir 50 persen perempuan dengan PCOS mengalami obesitas, yang dikaitkan dengan penumpukan lemak. Lemak juga memiliki sifat peradangan. Oleh karena itu, hindari makanan berlemak seperti margarin dan daging berlemak.

5. Makanan olahan

Makanan olahan seperti makanan cepat saji, hot dog, dan sosis memiliki sifat inflamasi dan mengandung kalori tinggi yang dapat memengaruhi insulin. Hindari konsumsi makanan olahan untuk mencegah PCOS.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK