5 Makanan untuk Mencegah dan Mengatasi PCOS

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 19/11/2020 13:30 WIB
Diet dapat memengaruhi sindrom ovarium polikistik (PCOS). Beberapa makanan dapat membantu mencegah dan mengatasi PCOS. Ilustrasi. Beberapa makanan dapat membantu mencegah dan mengatasi PCOS. (Istockphoto/Fcafotodigital)
Jakarta, CNN Indonesia --

Diet atau pola makan tertentu dapat memengaruhi sindrom ovarium polikistik (PCOS). Ada beberapa makanan yang dapat membantu mencegah dan mengatasi PCOS.

PCOS umumnya ditandai dengan siklus menstruasi yang tidak teratur. Dalam beberapa kasus, seseorang bahkan tidak mengalami menstruasi.

Beberapa penelitian menunjukkan, diet dapat membantu mencegah dan mengatasi PCOS. Mengutip Medical News Today, dua cara utama diet terletak pada manajemen berat badan dan produksi insulin.


Sebagaimana diketahui, insulin memainkan peran penting dalam PCOS. Mengelola kadar insulin adalah salah satu langkah tepat yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi PCOS.

Saat ini, tak ada diet standar untuk PCOS. Hanya saja, para ahli sepakat mengenai beberapa makanan yang bermanfaat untuk PCOS.

Berikut makanan untuk mencegah dan mengatasi PCOS, mengutip laman CCRM Fertility.

1. Serat

Diet tinggi serat menawarkan banyak manfaat bagi perempuan dengan PCOS. Asupan serat dapat membantu menurunkan kadar insulin dan berfungsi sebagai agen antioksidan yang melawan peradangan.

Anda bisa coba mengonsumsi biji chia, biji rami, kacang lentil, buncis, buah beri, beras merah, quinoa, dan gandum utuh.

2. Protein tanpa lemak

Konsumsi protein tanpa lemak dapat membantu menurunkan berat badan dan membuat Anda kenyang lebih lama. Anda disarankan untuk mengonsumsi dua hingga tiga porsi ikan protein tanpa lemak per minggu seperti ikan, ayam, dan sumber protein nabati lainnya.

3. Makanan kaya antioksidan

PCOS memicu peradangan pada tubuh. Peningkatan sinyal peradangan dapat meningkatkan insulin dan berkontribusi pada memburuknya gejala PCOS.

Makanan yang mengandung antioksidan merupakan penangkal peradangan terbaik seperti buah, sayur, biji-bijian, dan lemak tak jenuh.

4. Makanan dalam diet Mediterania

Konsep diet Mediterania diketahui dapat membantu mencegah PCOS dan meringankan gejalanya. Diet ini meliputi semua jenis buah dan sayur, makanan laut, biji-bijian utuh, dan lemak sehat.

5. Makanan dalam diet DASH

Diet DASH yang awalnya dirancang untuk mengontrol tekanan darah juga dapat bermanfaat bagi PCOS dalam mengelola kadar insulin. Utamanya dari asupan karbohidrat sehat seperti buah, sayur, dan biji-bijian.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK