Menimbang Kurang Lebih Manfaat Buku dan 'E-Book' untuk Anak

tim, CNN Indonesia | Senin, 30/11/2020 17:50 WIB
Orangtua berbagi dilema yang sama mengenai alat membaca untuk anak-anak mereka: mana yang lebih baik, e-book atau buku cetak? Menimbang mana yang lebih baik untuk anak di antara buku cetak dan e-book. (iStockphoto/ozgurcankaya)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dengan maraknya ponsel pintar dan tablet, orangtua berbagi dilema yang sama mengenai alat membaca untuk anak-anak mereka: mana yang lebih baik, e-book atau buku cetak?

68 persen orang tua lebih suka anak-anak mereka yang berusia enam hingga delapan tahun membaca buku cetak daripada e-book, menurut Scholastic.

Meskipun buku tradisional adalah alat membaca yang bagus untuk anak-anak, tapi e-book juga memiliki kelebihan dalam membantu pembaca kecil Anda yang baru pertama kali membaca.


Berikut manfaat masing-masing dari buku cetak dan e-book, sebagaimana dilansir AsiaOne.

Manfaat buku cetak

1. Sensorik

Tanpa membaca buku yang sebenarnya, anak-anak mungkin kehilangan pengalaman sentuhan membalik halaman di buku tradisional dan berbagi aktivitas ini dengan teman-teman mereka.

Anak Anda mungkin berisiko terlepas dari dunia nyata jika hidungnya terus menerus menempel pada tablet.

2. Ikatan orangtua dan anak

Saat membacakan untuk anak Anda, para ahli setuju bahwa yang terbaik adalah membaca buku aktual untuk waktu bercerita. Pengalaman mendongeng yang intim dengan anak Anda dapat membuat mereka semakin jatuh cinta pada membaca.

Membaca buku secara tradisional juga meningkatkan nilai buku untuk anak-anak dan dapat mengubah mendongeng menjadi aktivitas yang mengikat bagi orangtua dan anak-anak mereka.

3. Tingkatkan konsentrasi dan fokus

Dengan begitu banyak aplikasi dan game di perangkat, anak-anak mungkin cenderung teralihkan dari apa yang mereka baca. Anak-anak mungkin menemukan fungsi dan tombol lain dalam e-book lebih menarik daripada konten itu sendiri, sehingga kehilangan fokus mereka untuk menyelesaikan setiap membaca.

Buku cetak dapat membantu anak-anak yang lebih kecil untuk lebih berkonsentrasi pada halaman-halaman yang berisi kata-kata dan gambar.

Manfaat baca dari e-book

1. Interaktif

Layar sentuh dan fitur tambahan dari e-book dapat membantu anak dalam membaca secara komprehensif, menurut studi Scholastic.

Dengan tablet atau perangkat lain, mereka dapat memperbesar kata-kata yang asing atau rumit dan mengklik tautan untuk menemukan sumber bacaan lain. Animasi dan audio yang tersedia di beberapa e-book juga membantu anak-anak lebih memahami kata-kata.

2. Menguntungkan

Anak-anak dapat menyoroti dan mengidentifikasi arti kata lebih cepat dengan perangkat e-book. Melalui fungsi teknologi tinggi dari e-book, anak-anak pun dapat mendefinisikan kata-kata asing hanya dengan menekan layar.

Saat kosakata mereka meningkat, hal itu mendorong mereka untuk belajar dan membaca lebih banyak materi.

3. Mandiri

Membaca e-book di perangkat berteknologi tinggi memungkinkan anak-anak membaca apa yang mereka sukai dan apa yang sesuai dengan keterampilan membaca mereka tanpa memberi tahu teman-temannya. Hal ini membantu mereka merasa tidak terlalu malu jika menemukan bahan tertentu sulit untuk dibaca.

Dengan cara ini, mereka dapat menemukan langkah mereka sendiri dalam meningkatkan keterampilan komprehensif mereka. Akhirnya, ini juga akan membantu anak Anda membaca secara mandiri.

Meskipun masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, kedua jenis ini tetap bermanfaat bagi anak Anda. Namun, para ahli mengatakan bahwa yang terbaik adalah memulai dengan buku cetak sebelum melanjutkan ke e-book.

Di sisi lain, baik e-book atau cetak, tetap penting bagi Anda untuk memulai kecintaan anak Anda pada buku dengan membaca bersama.

Interaksi saat mendongeng masih penting, baik itu membaca elektronik atau versi cetak. Orangtua dan guru harus terus mengajukan pertanyaan kepada anak-anak mereka tentang cerita yang mereka baca dan apa yang mereka lihat di gambar.

Tidak peduli seberapa bagus alat bacanya, anak-anak tetap membutuhkan interaksi manusia untuk meningkatkan keterampilan membaca mereka lebih jauh.

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK