Resep Peach Gum Dessert, Minuman yang Bikin Awet Muda

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 04/12/2020 10:20 WIB
Peach gum diklaim sebagai collagen booster yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit. Berikut resep peach gum dessert yang enak dan sehat. Peach gum diklaim sebagai collagen booster yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit. Berikut resep peach gum dessert yang enak dan sehat. (Foto: iStockphoto/dashu83)
Jakarta, CNN Indonesia --

Resep peach gum dessert, belakangan sering berseliweran di media sosial dan banyak yang me-recook nya menjadi minuman sehat.

Mengutip dari laman Michelin Guide, tao jiao atau peach gum berasal dari resin pohon peach atau persik di Tiongkok, yang memiliki warna kuning bening seperti kristal.

Peach gum di negara asalnya sering dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional karena dipercaya bisa mengobati infeksi saluran kencing, menghilangkan dahaga, dan mengurangi stres.


Selain itu, kandungan peach gum yang kaya akan nutrisi juga diklaim memicu produksi kolagen atau collagen booster yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Di provinsi Zhejiang Tiongkok, beberapa koki rumahan sering menambahkan peach gum ke dalam hidangan sup atau tumisan asin dengan campuran sayur dan tahu.

Akan tetapi, ada juga yang mengolahnya menjadi hidangan penutup atau peach gum dessert, dengan cita rasa manis serta memberi sensasi adem di perut.

Resep Membuat Peach Gum Dessert

ilustrasi peach gumFoto: iStockphoto/dashu83
Resep Peach Gum Dessert: Peach gum berasal dari resin pohon peach atau persik di Tiongkok yang bisa menjadi campuran dalam masakan asin maupun manis.

Membuat olahan peach gum dessert tidak terlalu rumit, cukup sediakan bahan-bahan seperti di bawah ini dan ikuti langkah pembuatannya.

Bahan Utama:

  • 100 gram peach gum (rendam semalaman supaya mengembang sendiri)
  • 1 bonggol jamur es (rendam 2 jam sampai ngembang lalu potong-potong)
  • 30 gram angco atau kurma merah (belah dan buang biji lalu cuci bersih)
  • 30 gram biji teratai (buang bagian tengahnya)
  • 20 gram longan (kelengkeng) kering atau kalengan
  • 30 gram gula kundur
  • 20 gram goji berry
  • 2 Liter air
  • Daun pandan secukupnya
  • Biji selasih secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan semua bahan sambil didihkan air. Kemudian rebus jamur es sekitar 10 menit, lanjut masukkan biji teratai, peach gum, angco, longan dan gula kundur.
  2. Masak selama 15 menit, lalu tambahkan goji beri, selasih, daun pandan dan masak sampai mendidih kurang lebih 5-10 menit.
  3. Setelah matang, matikan kompor dan diamkan sampai suhunya turun menjadi hangat-hangat kuku.
  4. Terakhir sajikan selagi hangat atau boleh tambahkan es batu sesuai selera.

Manfaat Peach Gum

ilustrasi skincareFoto: iStockphoto/whyframestudio
Ilustrasi. Salah satu manfaat peach gum adalah diklaim sebagai kolagen booster untuk menjaga kesehatan kulit.

Setelah mengetahui resep peach gum dessert, berikut manfaat mengonsumsi peach gum.

1. Menjaga Elastisitas Kulit

Kandungan kolagen tinggi dalam peach gum membuatnya dipercaya sebagai makanan sehat melengkapi asupan kolagen tubuh atau investasi kesehatan kulit jangka panjang.

Dengan mengonsumsi dua sendok makan peach gum dalam sehari, sama dengan membantu melembapkan serta menghambat pembentukan kerutan pada kulit.

2. Meningkatkan Metabolisme

Nutrisi lain dalam peach gum adalah glisin, yang dikenal sebagai protein anti aging untuk mencegah penuaan serta memperbaiki kerusakan jaringan otot dan merangsang hormon.

Hasil penelitian menunjukkan kandungan baik peach gum dapat menyeimbangkan kadar gula darah serta meningkatkan energi fisik.

3. Merawat Tulang dan Sendi

Asam amino pada peach gum membantu pembentukan jaringan ikat yang membuat persendian lebih kuat dan fleksibel.

Manfaat asam amino itu sendiri selain untuk merawat tulang dan sendi, berfungsi menghindari penyakit persendian degeneratif seperti osteoartritis.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan proline atau protein lain dalam kandungan peach gum disebut bisa membantu mengurangi penumpukan plak di pembuluh darah.

Kegunaan lain dari proline adalah dapat mengurangi stres pada jantung dalam mengatur tekanan darah, serta mencegah pengerasan pembuluh arteri.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidak hanya menjaga kadar gula darah supaya stabil, peach gum juga bermanfaat mengurangi gangguan kecemasan berlebih yang menyebabkan sulit tidur.

Beberapa orang yang rutin mengonsumsi peach gum merasakan manfaat dapat tidur lebih nyenyak di malam hari dan bangun tidur menjadi segar.

Bahaya Konsumsi Peach Gum

ilustrasi mengukur lingkar perutFoto: iStockphoto/Vadym Petrochenko
Ilustrasi efek negatif peach gum. Konsumsi dessert ini sewajarnya karena cenderung diberi pemanis tambahan seperti gula yang bisa meningkatkan berat badan.

Bagi masyarakat Tiongkok, mengonsumsi resin pohon persik sudah seperti budaya karena biasa digunakan untuk bahan dalam makanan maupun pengobatan.

Namun, supaya kebaikan dari peach gum tidak disalahgunakan, ada baiknya mengonsumsi dengan batas wajar atau tidak berlebihan.

Olahan peach gum dessert cenderung diberi pemanis tambahan seperti gula atau madu. Inilah yang dikhawatirkan memicu timbulnya gangguan kesehatan lain lantaran kelebihan kalori.

Semangkuk peach gum dessert mengandung sekitar 200 kalori, untuk itu harus tetap diimbangi dengan asupan makanan lain yang bergizi dan menyehatkan.

Harga Peach Gum

Harga peach gum mentah maupun yang sudah berbentuk dessert bervariasi. Di pasaran, peach gum mentah ukuran 500 gram dibanderol dengan harga kisaran Rp300 ribu.

Sementara itu, harga peach gum dessert siap santap ukuran 300 ml yang sudah bercampur dengan bahan isian lainnya kisaran Rp50 ribu, tergantung tempat menjualnya.

Bagi yang merasa kurang percaya dengan bahan tambahan pada olahan peach gum dessert siap santap, alternatifnya dapat membuat sendiri dengan panduan resep peach gum dessert di atas.

Selain bisa menjadi stok dengan membuat porsi lebih besar, peach gum dessert juga berpeluang menjadi ide bisnis yang menguntungkan dan pastinya sehat.

(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK