5 Alasan Kenapa Daun Calathea Menggulung

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 26/11/2020 11:37 WIB
Berbagai faktor menyebabkan daun Calathea menggulung. Berikut beberapa alasan kenapa daun Calathea menggulung. Ilustrasi. Ada beberapa alasan yang membuat daun Calathea menggulung. (iStockphoto/NeoPhoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Meski terbilang mudah soal perawatan, tapi pecinta tanaman hias kerap menemukan daun Calathea yang menggulung. Kenali beberapa alasan kenapa daun Calathea menggulung.

Calathea merupakan tanaman temperamental dan ekspresif yang senang memberikan isyarat visual saat mereka tidak bahagia. Salah satunya dengan daun menggulung yang jadi isyarat bahwa ada yang salah dengan Calathea kesayangan Anda.

Calathea akan menggulung daunnya saat ada sesuatu yang salah di lingkungannya. Simpan Calathea di lingkungan teduh, hangat, dan lembap. Hindari paparan sinar matahari langsung dan pastikan tanah tetap lembap.


Berikut beberapa alasan kenapa daun Calathea menggulung.

1. Terlalu banyak cahaya

Tanaman ini tumbuh liar di bawah 'kanopi' hutan hujan tropis. Tanaman ini tumbuh subur dalam kondisi teduh dan kurang cahaya.

Sinar matahari akan memudarkan daun tanaman. Calathea sering menggulung daunnya untuk mengurangi jumlah paparan cahaya. Jika Anda memindahkannya ke tempat teduh, umumnya daun akan kembali terbuka dalam satu atau dua hari.

2. Suhu ekstrem

Jika suhu terlalu dingin atau rendah, Calathea akan menggulung daun untuk menghangatkan tubuhnya. Tapi, jika terlalu panas, daun akan mengering dan layu. Kedua masalah tersebut dapat diatasi dengan mengatur suhu yang tepat.

Mengutip Smart Garden Guide, suhu terbaik untuk Calathea adalah antara 16-29 derajat Celcius.

Pastikan Calathea tidak ditempatkan langsung di depan atau di bawah AC. Hembusan udara dingin akan merusak daun.

3. Kelembapan yang terlalu rendah

Kelembapan sangat penting untuk Calathea yang sehat. Tanaman ini menyerap kelembapan melalui daunnya yang lebar. Jika udara mengering, daun akan menggulung. Kelembapan yang terlalu rendah jadi alasan umum kenapa daun Calathea menggulung.

Berikan Calathea kelembapan dengan menyiramnya. Namun, gunakan botol semprot saat menyiramnya. Aliran air langsung dapat merusak tanaman, terutama jika tanaman dalam keadaan rapuh.

Calathea OrbifoliaIlustrasi. Tingkat kelembapan yang terlalu rendah jadi alasan paling umum kenapa daun Calathea kerap menggulung. (iStockphoto/sKrisda)

Semprotan air akan memberikan kelembapan selama dua hingga empat jam. Meski bukan solusi jangka panjang, tapi penyemprotan secara teratur dapat memulihkan Calathea.

Anda juga bisa meletakkan humidifier di dekat tanaman. Nyalakan dan matikan humidifier sesuai kebutuhan untuk menciptakan lingkungan yang sempurna.

4. Penyiraman yang salah

Terlalu sedikit air akan menyebabkan daun mengering dan menggulung. Hal yang sama juga bakal terjadi saat Calathea kelebihan air.

Tanah harus terasa lembap, tapi tak basah. Periksa tingkat kelembapan dengan ujung jari Anda. Biarkan bagian atas atau permukaan tanah mengering, tapi usahakan agar beberapa sentimeter di bawah permukaan tetap lembap.

5. Kualitas air yang buruk

Banyaknya kandungan mineral dalam air membuat Calathea sakit dan menggulungkan daunnya.

Mengutip Bloom Scape, air keran sering kali memiliki kadar mineral yang tinggi. Tepi daun yang menguning menjadi salah satu tanda bahwa Calathea terlalu banyak mendapatkan air dengan kandungan mineral.

Sebagai solusinya, ganti air keran dengan air hasil penyulingan atau air kemasan.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK