5 Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 25/11/2020 10:49 WIB
Konsumsi buah penting untuk ibu hamil. Namun, ada beberapa buah yang baiknya tidak boleh dikonsumsi untuk ibu hamil, seperti berikut. Ilustrasi. Ada beberapa buah yang baiknya tidak boleh dikonsumsi untuk ibu hamil. (Istockphoto/Kateryna Kukota)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pola makan bernutrisi, termasuk konsumsi buah, sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Namun, ada beberapa buah yang baiknya tidak boleh dikonsumsi untuk ibu hamil.

Nutrisi yang tepat mendukung pertumbuhan janin yang sehat. Selain menunjang tumbuh kembang bayi, peningkatan asupan vitamin dan mineral dapat membantu ibu hamil menjaga tubuhnya sebaik mungkin.

Konsumsi banyak buah segar selama kehamilan dapat membantu ibu dan bayi dalam janin tetap sehat. Buah segar mengandung banyak vitamin dan nutrisi penting, serta menjadi asupan serat yang baik.


Aprikot, jeruk, mangga, delima, dan alpukat menjadi deretan buah terbaik untuk ibu hamil. Kebalikannya, beberapa buah justru baiknya tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Berikut mengutip Times of India.

1. Nanas

Ibu hamil disarankan untuk menjauhi buah ini. Nanas mengandung bromelain tinggi atau enzim yang dapat memicu kontraksi rahim.

Nanas juga diklaim dapat memicu persalinan prematur yang bisa berdampak buruk bagi ibu dan bayi. Mengonsumsi nanas dalam jumlah banyak juga dapat menyebabkan dehidrasi dan diare.

2. Anggur

Meski dikategorikan sebagai salah satu buah paling bergizi, namun banyak orang mempertanyakan efek anggur untuk ibu hamil.

Anggur diketahui mengandung banyak senyawa resveratrol yang terdapat di bagian kulitnya. Senyawa ini mengandung racun dan bisa berbahaya bagi ibu hamil. Apalagi, sistem pencernaan ibu hamil cukup lemah dan sulit mencerna anggur hitam.

3. Pepaya

Beberapa studi menemukan, pepaya mentah dapat menyebabkan keguguran jika dikonsumsi berlebih. Pepaya mengandung lateks yang memicu kontraksi rahim yang berbahaya.

Selain itu, jika dikonsumsi terlalu banyak, pepaya juga bisa meningkatkan intensitas buang air besar pada ibu hamil yang dapat memberikan tekanan pada rahim.

4. Semangka

Kandungan air pada buah semangka sebenarnya dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi. Namun, konsumsi semangka dalam jumlah besar dapat meningkatkan kadar gula darah pada ibu hamil yang menderita diabetes gestasional.

5. Persik

Buah lain yang baiknya tidak boleh dikonsumsi untuk ibu hamil adalah persik. Konsumsi persik dalam jumlah banyak dapat menimbulkan panas di tubuh yang dapat menyebabkan pendarahan internal bahkan keguguran.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK