Sa Pa, Destinasi Wisata Bersalju di Vietnam

CNN Indonesia | Sabtu, 28/11/2020 09:46 WIB
Musim dingin di Sa Pa di mulai pada bulan November hingga April. Salju biasanya turun pada bulan Desember hingga Januari. Pemandangan kota Sapa di Vietnam. (iStockphoto/tsenphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Siapa bilang Asia Tenggara tak punya destinasi wisata musim dingin. Negara tetangga Indonesia, Vietnam, juga punya tempat bersalju yang indah.

Selain Gunung Phia Oac dan Gunung Mao Son, kawasan Sa Pa menarik banyak pelancong setiap tahunnya. Guyuran salju menyatu dengan lanskap pegunungan yang indah.

Sa Pa adalah rumah bagi enam kelompok etnis yang memiliki budaya dan bahasa yang berbeda di Vietnam. Suku mayoritas adalah Hmong diikuti dengan Dao, Tay, Dzay, dan Xa Pho. Mereka terkenal sebagai orang yang ramah terhadap turis plus bisa diajak berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan Prancis.


Musim dingin di Sa Pa di mulai pada bulan November hingga April. Salju biasanya turun pada bulan Desember hingga Januari, saat cuaca sangat dingin mencapai di bawah 0 derajat Celcius.

Dikutip dari Trekking Sapa, biasanya salju turun saat periode terdingin di Sa Pa antara tanggal 15 Desember hingga 1 Januari dengan suhu udara bisa mencapai -17 derajat Celcius.

Hujan salju juga bisa berlangsung sekitar satu hingga dua hari.

Salju hanya turun di beberapa daerah ketinggian di Sapa. Misalnya, Y Ty Pass, Gunung Hoang Lien Son, O Quy Ho Pass, Heaven Gate, Silver Fall, dan Bat Xat Commune.

Dari pusat kota Sa Pa, turis hanya perlu menempuh jarak perjalanan sekitar 20 km hingga 40 km untuk mencapai destinasi bersalju tersebut.

Tempat yang paling direkomendasikan adalah Y Ty Pass karena salju turun lebih sering. Lanskap terasering yang biasanya hijau di tempat ini juga bakal memberikan pemandangan yang berbeda saat salju turun.

Turis wisata salju juga bisa hiking ke puncak Ham Rong, San May untuk melihat panorama kota Sa Pa yang tertutup kabut salju. Cara lain menikmati pemandangan kota Sapa adalah dengan menaiki kereta gantung di Fansipan.

Perumahan dan jalanan juga akan diselimuti salju, persis seperti di Eropa. Penduduk tak segan menawarkan makanan dan minuman hangat tradisional Vietnam untuk para turis yang melewati rumahnya.

Saat menikmati wisata salju di Sa Pa, pastikan mengenakan pakaian yang cukup hangat seperti scarf, topi wol, sarung tangan, jaket, dan sepatu anti air. Siapkan pula kamera untuk mengabadikan momen dan keindahan kota Sa Pa di Vietnam.

(ptj/ard)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK