7 Makanan Penyebab Perut Kembung

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 26/11/2020 10:45 WIB
Perut kembung dapat terjadi setelah makan. Terdapat sejumlah makanan penyebab perut kembung. Ilustrasi. Terdapat sejumlah makanan penyebab perut kembung. (iStockphoto/Carlo107)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perut kembung dapat terjadi setelah makan. Terdapat sejumlah makanan penyebab perut kembung.

Perut kembung merupakan kondisi saat perut terasa membengkak atau membesar. Biasanya terjadi karena produksi gas atau masalah pencernaan setelah mengonsumsi makanan.

Perut kembung bukan tanda kondisi medis yang serius. Namun, perut kembung dapat menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Oleh karena itu, hindari sejumlah makanan yang dapat menyebabkan perut kembung.


Berikut 7 makanan penyebab perut kembung.

1. Kacang-kacangan

Sebagian besar kacang-kacang mengandung gula alpha-galactosides yang termasuk dalam kelompok karbohidrat FODMAP. Dikutip dari Healthline, kelompok karbohidrat ini memiliki rantai pendek yang kemudian difermentasi oleh bakteri usus. Hasil fermentasi tersebut sebagiannya berbentuk gas.

Bagi sebagian orang, FODMAP menyediakan makanan untuk bakteri di pencernaan dan tidak menimbulkan masalah. Namun, bagi sebagian lain, jenis karbohidrat ini dapat membuat perut kembung.

2. Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi merupakan penyebab perut kembung paling umum. Minuman berkarbonasi mengandung gas karbon dioksida dalam jumlah tinggi. Artinya, gas akan memenuhi perut saat minum minuman berkarbonasi.

Seperti diketahui, gas itu-lah yang dapat menyebabkan perut kembung.

3. Gandum

Gandum banyak digunakan sebagai bahan dasar roti, pasta, piza, kue, pancake, hingga wafel. Makanan-makanan ini dapat menyebabkan kembung.

Pasalnya, gandum juga tergolong FODMAP. Selain itu, bagi orang yang sensitif terhadap gluten, konsumsi gandum dapat menyebabkan sejumlah masalah pencernaan, termasuk kembung.

4. Brokoli

Keluarga brokoli, seperti kubis dan kembang kol juga bisa menyebabkan perut kembung. Jenis sayuran ini juga termasuk dalam FODMAP yang dapat menghasilkan gas pemicu perut kembung.

5. Bawang bombay

Konsumsi bawang bombay dan juga bawang putih bahkan dalam jumlah kecil juga dapat menyebabkan perut kembung. Bawang bombay dan bawang putih adalah salah satu sumber makanan utama fruktan, serat larut yang dapat menyebabkan perut kembung.

6. Produk susu

Produk susu seperti susu, keju, yogurt, butter mengandung laktosa. Bagi orang dengan intoleransi laktosa, produk susu dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti perut kembung, kram, hingga diare.

7. Apel

Apel juga termasuk FODMAP lantaran mengandung fruktosa. Fruktosa difermentasi oleh tubuh sehingga dapat menyebabkan gas dan perut kembung.

Batasi konsumsi makanan-makanan penyebab perut kembang ini.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK