7 Sumber Antioksidan Alami Terbaik

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 29/11/2020 16:54 WIB
Tubuh membutuhkan antioksidan untuk mencegah kerusakan dan penyakit. Antioksidan bisa didapatkan dari makanan herbal atau tumbuh-tumbuhan. Ilustrasi. Antioksidan bisa didapatkan dari makanan herbal atau tumbuh-tumbuhan. (Istockphoto/LOVE_LIFE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tubuh membutuhkan antioksidan untuk mencegah kerusakan dan penyakit. Antioksidan bisa didapatkan dari makanan herbal atau tumbuh-tumbuhan.

Antioksidan adalah nutrisi yang bekerja melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas atau oksidasi. Radikal bebas didapatkan dari paparan terhadap sinar matahari, bahan kimia, polusi, stres, junk food, dan kurang istirahat yang dapat memicu munculnya berbagai penyakit.

Antioksidan juga berperan penting untuk memperkuat sistem imun tubuh.


Berikut 7 sumber antioksidan alami terbaik.

1. Kulit manggis

Studi menunjukkan, kulit manggis merupakan sumber antioksidan alami yang baik untuk tubuh. Ekstrak kulit manggis bersifat organoprotektif.

"Kulit manggis bersifat organoprotektif yang artinya dapat melindungi organ seperti jantung, ginjal, dan otak," kata Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia dokter Inggrid Tania, dalam konferensi pers, Kamis (27/11).

Kulit manggis juga memiliki sifat anti-penuaan, anti-radang, dan mencegah sel kanker.

2. Kulit delima

Sebagai antioksidan, ekstrak kulit delima memiliki sifat melindungi berbagai organ, anti-radang, dan mencegah sel-sel kanker.

"Setelah diteliti pada buah delima, ternyata bagian kulitnya yang memiliki antioksidan paling kuat," ujar Inggrid.

3. Temukunci

Temukunci juga memiliki sifat mencegah pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, temukunci juga dapat mencegah penuaan organ, termasuk kulit. Ini pula yang menjadi alasan banyak produk kosmetik menggunakan temukunci.

"Di Korea, temukunci digunakan dalam banyak kosmetik karena dapat menghaluskan kulit dan mengobati jerawat," ucap Inggrid.

Ilustrasi Dark ChocolateIlustrasi. Cokelat hitam murni mengandung antioksidan yang tinggi. (AlexanderStein/Pixabay)

4. Cokelat hitam

Cokelat hitam murni mengandung antioksidan yang tinggi. Studi menunjukkan, cokelat hitam dapat meredakan peradangan serta melindungi jantung dan pembuluh darah.

Konsumsi cokelat juga dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam darah.

4. Blueberrry

Buah blueberry kaya akan nutrisi dan antioksidan. Studi menunjukkan, blueberry merupakan buah dengan kandungan antioksidan tertinggi. Buah ini dapat melawan radikal bebas, meredakan inflamasi, dan melindungi gen.

Selain blueberry, buah dari keluarga beri lainnya seperti stroberi dan rasberi juga mengandung antioksidan yang tinggi.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung antioksidan kaempferol yang dapat melawan inflamasi kronis dan juga menghambat pertumbuhan kanker.

6. Bayam

Sayur bayam juga kaya akan antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin. Antioksidan ini melindungi tubuh dari sinar radiasi berbahaya yang dapat menyebabkan radikal bebas.

7. Kale

Sayur kale, brokoli, dan kembang kol termasuk dalam sayuran mengandung antioksidan yang tinggi. Anthocyanin dalam kale dapat menjaga kesehatan organ dan melawan peradangan serta penuaan.

Konsumsi sumber antioksidan alami terbaik ini untuk melindungi tubuh, memperkuat sistem imun, dan mencegah berbagai penyakit.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK