Terpesona Sustainable Food Sembari 'Mengejar' Matahari Bali

tim, CNN Indonesia | Selasa, 01/12/2020 20:54 WIB
Tak ada yang lebih dirindukan daripada mendengar deburan ombak pantai dan angin laut yang berembus sepoi-sepoi sembari menikmati makan malam romantis. Tak ada yang lebih dirindukan daripada mendengar deburan ombak pantai dan angin laut yang berembus sepoi-sepoi sembari menikmati makan malam romantis. (Dok. Amankila)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak ada yang lebih dirindukan daripada mendengar deburan ombak pantai dan angin laut yang berembus sepoi-sepoi sembari menikmati makan malam romantis. Di masa pandemi ini, Bali justru makin romantis dan tenang.

Akan tetapi sebuah kejutan kecil juga kerap muncul di sela-sela ketenangannya. Salah satunya adalah dengan makan malam pinggir pantai dan canape cantik di atas tebing pinggir pantai. Batu Jati di Amankila Resort, Manggis, Bali Timur menawarkan pengalaman seru untuk 'berduaan' bersama pasangan sambil makan malam romantis di pinggir pantai.

Bukan sekadar makan di pinggir pantai, tapi butuh sedikit perjuangan untuk bisa naik ke gazebo kayu tersebut. Sesampainya di atas, Anda bakal dimanjakan dengan pemandangan hamparan laut biru di Selat Lombok.


Ditemani temaramnya lilin yang menyala di tiap anak tangga dan juga di meja santap, Anda bisa menikmati aneka canape lezat dan mocktail yang ringan yang menyegarkan. Bukan cuma aneka snack atau camilan internasional, aneka hidangan tradisional pun tersedia. Terkadang tak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan pisang goreng hangat dengan tepung renyah dan manis ditambah dengan seteguk ginger tea atau pun kopi Bali. Sederhana namun nikmat.

Usai puas menyantap canape, jangan lewatkan aneka hidangan BBQ yang nikmat. Aneka udang berukuran besar, ikan yang penuh daging nikmat dengan tambahan hidangan pelengkap ala Bali yang menggoda.

amankilaFoto: Dok. Amankila
Batu Jati

Sebut saja lawar, sambal matah, sambal merah, dan lainnya. Namun yang unik adalah hidangan sayur yang terbuat dari batang pisang muda. Sayur ini dikenal sebagai jukut ares.Jangan bayangkan rasanya bakal lembut dan lumer di mulut. Batang pelepah pisang ini punya tekstur yang renyah namun unik. Butuh sedikit perlawanan dan jumlah kunyahan yang lebih banyak saat menyantapnya.

Usai puas menyantap makan malam romantis, di pagi harinya, Anda juga memilih untuk menikmati menu sarapan di Tamansari Bale. Di gazebo private ini, Anda bakal dihadapkan pada dua pilihan sulit, memandang laut di sebelah kiri atau memandang sawah di sebelah kanan.

Gazebo Tamansari disebut-sebut sebagai tempat yang paling favorit bagi tamu Amankila untuk sarapan. Mereka bisa menikmati segarnya udara pagi sembari menikmati melihat hijaunya sawah atau birunya laut. Jika beruntung saat langit cerah, Gunung Agung bakal terlihat mengintip malu-malu di balik bukit.

Di sini, Anda bisa 'mengejar' matahari, dari terbit sampai terbenamnya, tentunya ditemani sepiring makanan enak yang menggoda selera. 

Sarapan di kapal vintage

Jika ingin sebuah pengalaman sarapan yang lebih mengesankan, Anda juga bisa menikmati aneka snack sarapan sembari cruise atau berlayar. Dengan kapal vintage Aman XI Anda bakal dibawa mengarungi selat Lombok menuju ke Blue Lagoon yang indah.

Sekotak snack ringan seperti muffin blueberry, sate buah-buahan, dan croissant mini, dengan secangkir kopi atau teh hangat bakal menemani momen berlayar Anda.

Di bagian atas kapal, Anda bisa menikmati indahnya matahari terbit dengan semburat jingganya, sambil menunggu Gunung Agung kembali menunjukkan keperkasaannya di balik awan.

Amankila resort di Manggis, BaliFoto: Dok. Amankila
Amankila resort di Manggis, Bali

Sustainable food

Seiring dengan gerakan sustainable saat ini, Amankila Resort sudah mulai menerapkan cara ini dalam berbagai menu makanannya. Di resort ini makanan yang disajikan dan dihidangkan kepada tamu diambil dari kebun organik yang terletak di belakang resort dan juga dari pertanian lokal.

Sempatkan sejenak untuk melihat kebun sayur organik sembari berpetualang mengelilingi resort. Anda bakal menemukan berbagai sayur, bumbu, rempah, ditemukan di sana.

Beberapa di antaranya adalah kangkung, bayam, cabai, kemangi, labu kuning, basil, dan lainnya. Panen biasanya dilakukan pada 2 hari sekali, dan bahan makanan inilah yang akan diolah dan disajikan di meja makan para tamu.

Tak perlu merasa terpaksa makan di restoran di pinggir kolam renang besar bertingkat yang menghadap ke selat Lombok, Anda juga bisa menikmati makanan di suite Anda sendiri.

Bagaimana tidak, bisa jadi Anda mungkin enggan untuk beranjak meninggalkan suite dengan pemandangan laut atau private pool yang luas ditambah dengan soaking tub yang membuat Anda betah tinggal di dalamnya yang penuh suasana Bali. Indah dan tenang, apalagi tanpa gangguan televisi.

Resort ini memiliki beberapa tipe suite yang bisa jadi pilihan dengan pemandangan yang berbeda-beda pula, dari garden suite, ocean suite, pool suite, infinity pool sute, kilasari suite, indrakila suite, sampai amankila suite.

Amankila resort di Manggis, BaliFoto: Dok. Amankila
Amankila resort di Manggis, Bali
(chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK