7 Makanan Sehat untuk Atasi Sembelit

tim, CNN Indonesia | Selasa, 01/12/2020 05:35 WIB
Apa rasanya beraktivitas sebelum buang air besar (BAB) karena sembelit?  Jika sudah terlanjur, ada beberapa makanan untuk melancarkan BAB. Apa rasanya beraktivitas sebelum buang air besar (BAB) karena sembelit? Jika sudah terlanjur, ada beberapa makanan untuk melancarkan BAB. (iStockphoto/patchanan promunat)
Jakarta, CNN Indonesia --

Apa rasanya beraktivitas sebelum buang air besar (BAB) karena sembelit? Rasanya seperti membawa sekantong sampah di dalam perut.

Jika Anda mengalami masalah sembelit, bisa jadi Anda kurang serat dalam pencernaan. Setiap harinya, Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi serat dari sayuran dan juga buah-buahan. Asupan serat harian yang direkomendasikan adalah 20 gram untuk wanita dan 26 gram untuk pria.

Namun jika sudah terlanjur sembelit, ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu melancarkan BAB atau sembelit Anda.


1. Buah beri

Berbagai jenis buah berri termasuk blueberry, strawberry, raspberry, dan blackberry mengandung serat yang tinggi. Selain itu buah-buahan ini juga rendah kalori.

Sekitar 1 cup raspberry mengandung 8 gam serat, sedangkan strawberry mengandung 4 gram serat.

2. Popcorn

Makanan ini identik dengan makanan dalam bioskop. Namun sadarkah Anda bahwa popcorn termasuk jenis gandum utuh yang memiliki kandungan serat yang baik.

Hanya saja hindari menambahkan butter berkalori ke dalamnya. Sebaliknya tambahkan beebrapa bumbu alami seperti bawang putih atau lada atau cokelat.

3. Biji-bijian

Biji-bijian seperti chia seed atau flax seed bukan hanya bagus untuk diet, tapi juga baik untuk mengobati sembelit karena kandungan serat yang tinggi. Biji-bijian tersebut mengandung serat tak larut air untuk menyerap air dan melancarkan pencernaan sehingga membuat Anda mudah BAB.

4. Oat

Oat juga mengandung serat yang tinggi. Jenis makanan ini mengandung serat larut dan tak larut air. Oat yang tak perlu dimasak mengandung serat yang lebih tinggi. Tambahan topping buah juga membantu melancarkan pencernaan.

5. Kiwi

Kiwi mengandung fruktosa yang lebih rendah dibanding buah lainnya. Ini akan sangat baik untuk sistem pencernaan Anda.

Mengutip Shape, dalam 2 buah kiwi mengandung 3,4 gram serat. Selain itu buah ini juga mengandung vitamin C yang sangat tinggi untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Ilustrasi Buah KiwiFoto: Meditations/Pixabay
Ilustrasi Buah Kiwi

6. Bayam

Bayam mengandung magnesium yang tinggi. Magnesium sendiri merupakan 'pencahar' alami.

Magnesium berguna untuk membuat otot usus lebih relaks, dan ini akan membuat kotoran dalam perut lebih mudah bergerak dan dibuang.

(chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK