8 Makanan yang Populer karena Drama Korea

tim, CNN Indonesia | Rabu, 02/12/2020 17:10 WIB
Drama Korea tak hanya menyuguhkan kisah cinta yang menarik, tapi juga berhasil mempopulerkan banyak makanan. Berikut makanan yang populer berkat drakor. Samgyeopsal, salah satu makanan Korea yang populer berkat drama Korea ( iStockphoto/Yeongsik Im)
Jakarta, CNN Indonesia --

Drama Korea tak hanya menyuguhkan kisah cinta yang menarik, tapi juga berhasil mempopulerkan banyak makanan. Mulai dari makanan tradisional hingga yang kekinian berhasil dikenal hingga ke sejumlah negara termasuk Indonesia.

Makanan-makanan ini kerap ditampilkan dalam adegan-adegan drama Korea. Berikut makanan yang populer karena drama Korea.

1. Ramyeon

Ilustrasi Mie RamenFoto: Chris_KIM/Pixabay
Ilustrasi

Ramyeon hampir selalu ada dalam setiap drama Korea mulai dari My Love From the Star hingga Reply 1988. Mi instan ini jadi pilihan orang Korea saat kelaparan. Banyak adegan romantis tercipta karena mengajak pujaan hati makan ramyeon bersama. Ramyeon dinikmati bersama makanan pendamping seperti kimchi, telur, dan hotdog.


Para bintang drakor (drama Korea) biasanya menyantap ramyeon dengan Ramyeon Korea biasanya dimakan langsung dari panci kecil berwarna keemasan dan dimakan dengan bantuan sumpit dan tutup pancinya.

2. Corn dog

corn dogFoto: iStockphoto/IgorDutina
corn dog

Corn dog semakin melejit karena drama Start-Up. Makanan ini berhasil jadi perbincangan berkat dua tokoh yakni Nam Do-san dan Han Ji-pyeong. Corn dog merupakan perpaduan hotdog dan cheese stick yang dilumuri tepung beras manis lalu digoreng dengan sejumlah topping dan saus.

3. Samgyeopsal

Samgyupsal merupakan sebutan untuk irisan daging perut babi yang dipanggang. Banyak adegan yang memperlihatkan para tokoh berbincang bersama sambil menyantap daging samgyeopsal. Salah satu yang paling ikonik adalah dalam drama Weightlifting Fairy Kim Bok Joo. Selain itu, hampir semua aktor drakor biasanya akan memesan menu ini dan dinikmati bersama soju.

4. Tteokbokki

Tteokbokki, jajanan pasar KoreaFoto: Yohannie Linggasari
Tteokbokki, jajanan pasar Korea

Tteokbokki merupakan jajanan atau street food paling populer di Korea dan selalu ada dalam drama Korea. Tteokbokki sebenarnya adalah kue beras pedas. Selain jadi camilan, tteokbokki juga banyak dijadikan pelengkap makanan seperti pada ramyeon.

5. Sundubu-jjigae

Sundubu-jjigae kian populer berkat drama Itaewon Class. Sundubu-jjigae merupakan sup yang terbuat dari kaldu ikan, lobak, rumput laut kering, kimchi, dan tahu lembut.

6. Jjajangmyeon

Delicious Asian Noodle with Black Bean SauceFoto: iStockphoto/4kodiak
Jjajangmyeon

Jjajangmyeon juga banyak muncul dalam drama Korea. Jjangmyeon merupakan makanan perpaduan Korea-China yang berbahan dasar mi dengan saus kacang hitam. Potongan bawang bombai dan daging sapi atau babi semakin melengkapi rasa jjajangmyeon.

7. Korean fried chicken

Ilustrasi hidangan ayam gorengFoto: Pixabay/sharonang
Ilustrasi hidangan ayam goreng

Korean fried chicken merupakan ayam goreng tepung yang disajikan dengan sejumlah saus. Ayam goreng ini kerap jadi pilihan menemani minum sambil berbincang-bincang. Salah satu drama yang mempopulerkan ayam ini adalah Goblin dan juga Crash Landing on You.

8. Jjapaguri

stir fried rice noodle with black backgroundFoto: Istockphoto/jxfzsy
ilustrasi Jjapaguri

Ingat makanan ini? Menu ini menjadi salah satu yang muncul di film populer Korea Parasite. Jjapaguri sendiri adalah hidangan yang terbuat dari ramen dan ditambahkan dengan steak daging. Makanan yang sekilas mirip dengan mi goreng daging ini juga dikenal dengan nama ram-don. Proses membuatnya juga terbilang mudah, nyaris sama seperti mi goreng biasa.

Dari semua jenis makanan Korea yang populer berkat drama Korea, mana yang paling Anda suka?

(ptj/chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK