Perempuan AS Pecahkan Rekor Rambut Afro Terbesar di Dunia

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 08/12/2020 19:27 WIB
Rambut afro milik Simone Williams ini memiliki lingkar dengan ukuran 1,48 meter. Ilustrasi. Perempuan AS memecahkan rekor rambut afro terbesar di dunia versi Guinness World Records. (iStockphoto/CoffeeAndMilk)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang perempuan asal New York, Amerika Serikat, memecahkan rekor rambut afro terbesar di dunia versi Guinness World Records.

Perempuan bernama Simone Williams ini memiliki rambut afro dengan ukuran tinggi 20,5 cm, lebar 22,5 cm, dan lingkar 1,48 meter.

Dalam mengurus rambutnya, Simone terinspirasi dari pemegang rekor sebelumnya, Aevin Dugas. "Dia menginspirasi saya untuk mencoba. Saya kagum padanya," ujar Simone, mengutip laman resmi Guinness World Records.


Diam-diam, sejak lama Simone menginginkan rekor ini. Dan, saat mendapatkannya, Simone mengaku kaget dan tidak menyangka. "Mulut saya menganga, lalu berlutut. Saya tidak percaya," katanya.

Perjalanan Simone bersama rambut alaminya dimulai sejak sembilan tahun lalu. Sebelumnya, Simone adalah seorang perempuan yang terbiasa dengan rambut lurus buatan salon.

Tapi, saat usianya menginjak 23 tahun, Simone punya keinginan untuk membeli sebuah apartemen. Demi mengumpulkan dana untuk membeli apartemen, Simone memutuskan untuk membiarkan rambutnya terlihat keriting alami. Simone ingin menghemat biaya perawatan rambut di salon.

[Gambas:Instagram]

"Awalnya sulit, karena saya terbiasa dengan rambut lurus dan saya tidak tahu bagaimana caranya mengatur tekstur alami rambut saya," kata Simone.

Namun, setelah banyak latihan dan kesabaran, Simone belajar merawat rambutnya. Simone mengunjungi salon untuk mengukur ukuran rambutnya sebagai catatan resmi.

"Saya biasanya mencuci rambut setiap minggu menggunakan sampo bebas sulfat. Saya menggunakan banyak kondisioner karena membantu mengurai rambut. Saya membagi rambut menjadi empat lilitan saat mandi," kata Simone.

Setelah mencuci, Simone menggunakan pelembap rambut dan gel minyak zaitun sebelum memilin ulang rambutnya menjadi sekitar delapan lilitan kecil untuk kemudian dibiarkan mengiring.

Seiring waktu Simone mulai terbiasa dan mencintai rambutnya. Rambutnya kerap menarik perhatian banyak orang saat Simone sedang berada di ruang publik.

"Saat rambut ditata dan terlihat tebal dan besar, saya mendapat banyak tatapan, banyak komentar, banyak pujian," kata Simone.

Bagi Simone, rambut alami tak ubahnya sebuah kebanggaan sebagai seorang perempuan berkulit hitam. "Menata rambut adalah cerminan tentang siapa saya sebagai perempuan kulit hitam yang dinamis," kata dia.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK