Wisata Jembatan Gantung Sampai Curug di Suaka Elang Loji

CNN Indonesia | Selasa, 08/12/2020 14:50 WIB
Wisata alam yang lengkap dalam satu tempat bisa dilakukan di Suaka Elang Loji, Bogor. Burung Elang Jawa. (EKO PRASTYO via Wikimedia Commons)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wisata alam yang lengkap dalam satu tempat bisa dilakukan di Suaka Elang Loji yang berlokasi di Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Di objek wisata yang masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini turis bisa mengunjungi area konservasi Burung Elang Jawa.

Ada tiga kandang yang ditempatkan, yakni untuk transit, rehabilitasi, dan pameran. Turis hanya boleh mengunjungi kandang pameran karena dua kandang lainnya hanya boleh dikunjungi untuk kegiatan penelitian.


Area ini bukan untuk mengembangbiakkan, melainkan untuk rehabilitasi burung elang yang singgah atau yang diserahkan orang kepada pemerintah.

Selama berkunjung ke kandang pameran, turis bakal didampingi oleh petugas yang akan menjelaskan seluk beluk kehidupan burung elang.

Sesi pemberian makan berupa marmut kepada burung elang yang dilakukan petugas juga bisa disaksikan.

Suaka Elang Loji dikelilingi oleh hutan pinus, sehingga udaranya sejuk dan segar.

Selain menambah wawasan tentang burung elang, turis juga bisa menikmati wisata lainnya, seperti melintas di jembatan gantung, memandangi panorama dari ketinggian podium, menyambangi Curug Cibadak, atau bermalam di Bumi Perkemahan Suaka Elang.

Jembatan gantung berada di dekat area perkemahan. Hanya empat orang yang diizinkan melintas dalam sekali waktu di jembatan ini.

Pemandangan Suaka Elang Loji dari ketinggian juga bisa dinikmati dari podium. Petugas membatasi hanya 30 orang yang bisa naik dalam sekali waktu ke bangunan ini.

Kalau masih punya tenaga, silakan beranjak ke Curug Cibadak, yang berjarak sekitar 900 meter dari area kandang.

Air terjun setinggi 200 meter ini cukup ramai pengunjung, terutama saat musim liburan.

Namun perlu kehati-hatian saat menjejakkan kaki di sana, karena bebatuannya lumayan licin.

Saat berwisata ke Suaka Elang Loji turis disarankan membawa bekal makanan dan minuman sendiri, karena jarangnya keberadaan tempat makan masih.

Siapkan baju dan alas kaki yang nyaman, karena lanskap di dalamnya masih berbatu dan sedikit menanjak.

[Gambas:Instagram]



(ard)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK