Santai Seperti di Pantai dalam Tur Virtual Wisata Suara

CNN Indonesia | Rabu, 09/12/2020 14:50 WIB
Suara air terjun dan cuitan burung bisa dinikmati selama rileksasi #dirumahaja demi mengurangi penyebaran virus Corona. Seorang pendaki di puncak Gunung Fuji, Jepang. (AP Photo/Jae C. Hong)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setiap destinasi wisata pasti memiliki keunikannya. Pandemi virus Corona sudah pasti membuat banyak turis merindukan keramaian sampai fenomena alam yang pernah mereka rasakan atau hendak mereka nikmati di destinasi wisata impiannya.

Selain soal pemandangan, kerinduan akan destinasi wisata juga kadang terkait dengan suara khas yang berasal dari sana.

Jika ingin menikmati destinasi wisata dari rumah, saat ini ada tur virtual yang mengajak pesertanya mendengarkan suara khas dari destinasi wisata populer di dunia.


Unify Cosmos, situs pengembangan kepribadian dan spiritual, telah mengumpulkan klip suara dari 50 destinasi wisata di seluruh dunia sehingga turis dapat merasakan suara menenangkan pantai di Bora Bora, hiruk pikuk Kota New York, atau air terjun yang menenangkan di Irlandia.

Saat memilih klip suara yang akan diperdengarkan ke pengunjung situsnya, Unify Cosmos mengumpulkan data mengenai destinasi bersantai yang paling sering dicari oleh pengguna internet dan paling sering didatangi oleh turis dunia.

Menurut peringkat Unify Cosmos, klip suara yang paling populer didengarkan adalah suara air terjun dan cuitan burung di Taman Nasional Yosemite, California.

Klip suara dari Pantai Onda di Republik Dominika menempati urutan kedua, diikuti oleh laguna glasial Jökulsárlón di Islandia, Kepulauan Aegean di Yunani, hutan belantara di Perbatasan Minnesota, Pantai Pulau Siargoa di Filipina, Gunung Fuji di Jepang, Pantai Nova Scotia di Kanada, Pantai Makena di Hawaii, dan Pegunungan Tatra di Polandia.

"Luangkan waktu sejenak untuk memejamkan mata, berhenti sejenak, menghirup suara alam ini, dan bermimpi sebentar, di mana pun Anda berada - karena mendengarkan deburan ombak, atau burung di pohon dapat membawa banyak hal lain ke dalam hidup Anda," kata David Foley, pemilik Unify Cosmos, dalam sebuah pernyataannya, seperti yang dikutip dari Travel and Leisure pada Rabu (9/12).

Penelitian telah menunjukkan bahwa menghabiskan waktu hanya 20 menit di tengah alam dapat meningkatkan suasana hati dan kesejahteraan seseorang.

Namun tidak semua orang memiliki waktu dan akses berwisata alam, sehingga kegiatan rileksasi sembari mendengarkan suara alam juga bisa bermanfaat.

Makna berwisata juga sebenarnya lebih luas. Hanya meluangkan waktu beberapa menit untuk istirahat dari pekerjaan, tugas, dan segala kegiatan dalam sehari dapat membuat tubuh menjadi lebih santai, yang merupakan esensi dari berwisata.

Memejamkan mata dan membayangkan diri berada di pantai di Maui, tepi Sungai Nil di Mesir, atau di Pegunungan Alpen Swiss bisa membantu sesi rileksasi selama berada di rumah saja.

Untuk mengikuti tur virtual "wisata suara" Unify Cosmos bisa dengan mengunjungi situs ini.

(ard)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK