Alasan Han Ji-pyeong dan Banyak Orang Ragu Kejar Cintanya

tim, CNN Indonesia | Rabu, 09/12/2020 19:31 WIB
Kata Psikolog soal alasan orang seperti Han Ji-pyeong dan Kim Jung-pal yang ragu dalam mendapatkan pasangan. Han Ji-pyeong (diperankan Kim Seon-ho) gagal merebut hati Seo Dal-mi (Bae Suzy) dalam drama Korea Start-Up. (dok. tvN/Netflix via Hancinema)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kisah cinta Han Ji-pyeong (diperankan Kim Seon-ho) dengan Seo Dal-mi (Bae Suzy) dalam drama Korea Start-Up berakhir pupus. Padahal, tokoh Ji-pyeong, yang jadi jagoan sebagian besar orang, punya peluang serta waktu selama tiga tahun untuk merebut hati Dal-mi selagi Nam Do-san pergi.

Sayangnya, keraguan hati Ji-pyeong dalam melangkah membuat ia harus 'legowo' bahwa perempuan yang dicintainya jatuh ke tangan orang lain.

Sebelum euforia Ji-pyeong, karakter serupa dalam drama Korea yang juga terkenal mengalami kegagalan cinta karena ragu-ragu adalah Kim Jung-hwan (diperankan Ryu Jun-yeol) dalam serial Reply 1988.


Kim Jung-hwan gagal mendapatkan Sung Deok-sun (Hyeri) karena kalah cepat dari Taek (Park Bo-gum) yang tak ragu menunjukkan cintanya.

Han Ji-pyeong dan Jung-hwan merupakan cerminan dari banyak orang yang juga kerap ragu dalam memperjuangkan cintanya pada pujaan hati.

Apa yang membuat banyak orang ragu dalam mendapatkan pasangan?

Psikolog Arief Luis menjelaskan ada banyak faktor yang membuat seseorang ragu menyatakan cinta mereka.

Rasa percaya diri yang rendah dapat menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang tak berani mengungkapkan perasaan mereka.

"Mungkin juga ada yang merasa tidak pede untuk mendekati orang tersebut, sangat banyak faktor nya," kata Arief kepada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

Selain itu, banyak orang belum menyadari dan yakin akan perasaan mereka karena belum memahami kebutuhan pada pasangan.

"Bisa saja orang tersebut belum memahami kebutuhannya dalam mempunyai pasangan. Ada juga orang yang lebih memprioritaskan pekerjaan dibanding pasangan," ucap Arief yang juga founder Adity Psychological Center.

Agar tak ragu-ragu dalam mengejar cinta, Arief lantas memberikan sejumlah tips.

Pertama, setiap orang mesti mengetahui dan menyadari kebutuhan dalam menjalin relasi. Cari tahu juga tujuan dalam memiliki pasangan.

Dengan begitu, seseorang akan dapat mengetahui karakteristik pasangan yang dapat memenuhi kebutuhan dan tujuan tersebut.

[Gambas:Video CNN]

Selain itu, pahami juga bahwa setiap manusia punya kelebihan dan kekurangan.

"Sehingga, kita bisa mengarahkan kelebihan kita untuk mendapatkan pasangan, dan jangan takut gagal, Anda sudah pasti gagal bila tidak mencoba, tapi anda akan punya dua kemungkinan bila anda mencoba pertama gagal dan kedua berhasil," kata Arief.

Sekalipun gagal, kata Arief, jangan putus asa. Jadikan kegagalan tersebut sebagai bahan introspeksi diri untuk mendapatkan cinta berikutnya.

Sebaliknya, jika diterima oleh si dia, jalinlah hubungan yang dapat memenuhi tujuan dan kebutuhan yang diinginkan.

(ptj/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK