6 Manfaat Buah Nangka, Atasi Sembelit hingga Masalah Kulit

tim, CNN Indonesia | Senin, 14/12/2020 07:41 WIB
Selain sebagai penambah aroma dan rasa, manfaat buah nangka pun cukup banyak untuk kesehatan. Ilustrasi. Selain sebagai penambah aroma dan rasa, manfaat buah nangka pun cukup banyak untuk kesehatan. (iStock/NatashaBreen)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selain sebagai penambah aroma dan rasa, manfaat buah nangka pun cukup banyak untuk kesehatan.

Buah nangka dinilai memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih tinggi, bahkan daripada apel, aprikot, pisang, dan alpukat.

Misalnya, kaya vitamin C dan menjadi salah satu dari sedikit buah yang kaya vitamin B. Nangka juga mengandung folat, niasin, riboflavin, kalium, dan magnesium.


Tidak hanya itu, karotenoid atau pigmen yang memberi warna kuning pada nangka, kaya akan vitamin A.

Seperti semua antioksidan, karotenoid melindungi sel dari kerusakan dan membantu tubuh Anda bekerja dengan baik. Mereka dapat membantu mencegah penyakit seperti kanker dan penyakit jantung, serta masalah mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Saat nangka matang, kadar karotenoidnya bisa naik.

Nutrisi dalam nangka dapat membantu menurunkan risiko Anda untuk beberapa masalah kesehatan, berikut manfaat buah nangka, sebagaimana dilansir WebMD.

1. Atasi sembelit

Nangka adalah sumber serat yang baik, sehingga bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu buang air besar tetap teratur.

2. Mengobati bisul

Bahan kimia alami dalam nangka dapat membantu mencegah terbentuknya luka di dalam perut Anda.

3. Diabetes

Tubuh Anda mencerna dan menyerap nangka lebih lambat daripada beberapa makanan lain. Itu berarti gula darah Anda tidak akan naik secepat saat Anda makan buah-buahan lain.

Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak nangka memudahkan penderita diabetes untuk mengontrol gula darahnya.

4. Tekanan darah tinggi

Kalium dalam buah tropis ini dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda, yang dapat membantu mencegah penyakit jantung, stroke, dan pengeroposan tulang.

5. Masalah kulit

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam nangka dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari.

Anda pun membutuhkan banyak nutrisi itu untuk menjaga kulit Anda tetap kencang dan kuat.

6. Kurangi risiko kanker

Fitonutrien, seperti yang ditemukan pada nangka, adalah senyawa alami yang mungkin memiliki manfaat melawan kanker, seperti mencegah pembentukan sel kanker di tubuh Anda.

Terlepas dari manfaat buah nangka, mengonsumsi buah ini membuat Anda berisiko lebih tinggi jika Anda memiliki alergi serbuk sari birch. Artinya, Anda mengalami mulut gatal atau bibir bengkak. Namun, alergi buah nangka terbilang langka terjadi.

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK