Panduan Menikmati Kemegahan Candi Prambanan

CNN Indonesia | Selasa, 15/12/2020 16:21 WIB
Candi Prambanan masih menjadi objek wisata sejarah dan religi yang penting untuk didatangi. Berikut sejumlah panduan menikmati kemegahannya. Candi Prambanan, kuil Hindu terbesar di Indonesia. (iStockphoto/Valens Hascaryo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berjarak sekitar 1,5 jam perjalanan dari Candi Borobudur, turis bisa menjangkau Candi Prambanan.

Jika Candi Borobudur merupakan kuil Buddha terbesar di Indonesia dan dunia, maka Candi Prambanan merupakan kuil Hindu terbesar di Indonesia.

Hingga saat ini tak diketahui dengan pasti kapan dan atas perintah siapa Candi Prambanan dibangun.


Namun, peneliti sejarah memperkirakan Candi Prambanan dibangun sekitar sekitar pertengahan abad ke-9 oleh raja dari Wangsa Sanjaya, yaitu Raja Balitung Maha Sambu.

Dugaan tersebut didasarkan pada isi Prasasti Syiwagrha yang ditemukan di sekitar Candi Prambanan dan saat ini tersimpan di Museum Nasional di Jakarta.

Prasasti berangka tahun 778 Saka (856 M) itu ditulis pada masa pemerintahan Rakai Pikatan.

Candi Prambanan dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu; Brahma sebagai dewa pencipta, Wisnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah.

Komplek candi yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNSECO ini berbentuk persegi panjang, terdiri atas halaman luar dan tiga pelataran, yakni Jaba (pelataran luar), Tengahan (pelataran tengah) yang terdiri atas ratusan candi, dan Njeron (pelataran dalam) yang merupakan zona tersuci tempat delapan candi utama dan delapan kuil kecil.

Pintu masuk ke komplek Candi Prambanan terdapat di keempat arah penjuru mata angin, akan tetapi arah hadap bangunan ini adalah ke arah timur, maka pintu masuk utama candi ini adalah gerbang timur.

Wisatawan mengunjungi kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan di Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (1/7/2020). PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko membuka kembali kunjungan wisata Candi Prambanan pada Rabu (1/7/2020) dengan menerapkan protokol kesehatan ketat serta pembatasan jumlah pengunjung setelah tutup selama tiga bulan akibat pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww.Turis berwisata kembali di Candi Prambanan sejak Juli 2020. (Antara Foto/Hendra Nurdiyansyah)

Komplek Candi Prambanan menjadi lokasi sekitar 240 candi besar dan kecil, namun kini hanya tersisa 18 candi, yaitu delapan candi utama, delapan candi kecil di zona inti, serta dua candi perwara.

Mengutip situs BorobudurPark.com, sejatinya, 240 candi tersebut ialah; 3 Candi Trimurti (candi Siwa, Wisnu, dan Brahma), 3 Candi Wahana (candi Nandi, Garuda, dan Angsa), dan 2 Candi Apit (terletak antara barisan candi-candi Trimurti dan candi-candi Wahana di sisi utara dan selatan).

Lalu, 4 Candi Kelir (terletak di 4 penjuru mata angin tepat di balik pintu masuk halaman dalam atau zona inti), 4 Candi Patok (terletak di 4 sudut halaman dalam atau zona inti), dan 224 Candi Perwara (tersusun dalam 4 barisan konsentris dengan jumlah candi dari barisan terdalam hingga terluar: 44, 52, 60, dan 68).

Arsitektur Candi Prambanan berpedoman kepada tradisi arsitektur Hindu yang berdasarkan kitab Wastu Sastra/Kitab Silpastra.

Denah candi mengikuti pola mandala, sementara bentuk candi yang tinggi menjulang menyerupai bentuk gunung suci Mahameru, tempat para dewa bersemayam.

Sejumlah umat Hindu melakukan pradaksina saat prosesi upacara Tawur Agung Kesanga 2019 di Candi Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (6/3/2019). Prosesi Tawur Agung yag dihadiri oleh ribuan umat Hindu itu merupakan rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/hp.Sejumlah umat Hindu melakukan pradaksina saat prosesi upacara Tawur Agung Kesanga 2019 di Candi Prambanan. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan juga memiliki tingkatan zona candi.

Bhurloka, adalah alam terendah makhluk yang fana seperti manusia, hewan, juga makhluk halus dan iblis.

Di alam ini manusia masih terikat dengan hawa nafsu, hasrat, dan cara hidup yang tidak suci. Halaman terluar dan kaki candi melambangkan Bhurloka.

Lalu Bwahloka, ialah alam tengah tempat orang suci dan petapa.

Di alam ini manusia mulai melihat cahaya kebenaran. Halaman tengah dan tubuh candi melambangkan Bwahloka.

Kemudian Swahloka, juga disebut swargaloka, ialah alam tertinggi sekaligus tersuci tempat para dewa dan bidadari bersemayam, .

Halaman dalam dan atap candi melambangkan Swahloka.

Selain berkeliling komplek candi, turis juga bisa menyaksikan pentas Sendratari Ramayana di Candi Prambanan.

Sendratari Ramayana Prambanan merupakan sebuah pertunjukan yang menggabungkan tari dan drama tanpa dialog, diangkat dari cerita Ramayana dan dipertunjukkan di dekat Candi Prambanan di Pulau Jawa, Indonesia.

Pentas ini sudah berlangsung sejak 1961. Lebih dari 200 penari terlibat dalam setiap pagelarannya.

Sebaiknya pesan tiket diawal untuk menyaksikan pentas megah ini.

Informasinya bisa diketahui di sini.

(ard)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK