Alasan Tidur Selalu Pakai Selimut Meski Udara Panas

tim, CNN Indonesia | Senin, 21/12/2020 17:50 WIB
Selimut biasanya dipakai untuk melindungi tubuh dari rasa dingin yang menusuk. Namun pada beberapa orang, selimut bukan sekadar untuk menghangatkan tubuh. Selimut biasanya dipakai untuk melindungi tubuh dari rasa dingin yang menusuk. Namun pada beberapa orang, selimut bukan sekadar untuk menghangatkan tubuh. (Istockphoto/andresr)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selimut biasanya dipakai untuk melindungi tubuh dari rasa dingin yang menusuk. Namun pada beberapa orang, selimut bukan sekadar untuk menghangatkan tubuh.

Jangan merasa aneh jika Anda termasuk orang yang selalu pakai selimut agar bisa tidur sekalipun udara sedang tak dingin. Ada alasan mengapa orang selalu pakai selimut meski saat udara panas di malam hari.

1. Meregulasi temperatur tubuh

Mengutip Bright Side, manusia adalah mahluk berdarah hangat, artinya tubuh akan meregulasi suhu dalam tubuh, dan ini yang akan membantu kita untuk tetap hangat.


Hanya saj, ketika kita tengah tertidur lelap, kontrol tubuh akan menghilang, inilah saat di mana tubuh meminta bantuan dari benda di sekitar, salah satunya selimut. Selimut akan membantu mengatur dan menjaga tubuh dalam suhu tubuh yang dibutuhkan.

2. Selimut adalah bagian penting dari rutinitas waktu tidur

Banyak orang yang secara tak sadar ternyata menciptakan kebiasaan tersendiri saat tidur. Hal ini juga berpengaruh terhadap alasan seseorang membutuhkan selimut saat tidur.

Sekalipun bukan karena merasa lebih aman, hampir sepanjang umur, manusia memakai selimut, tak heran ini jadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Jadi setiap kali Anda berada di tempat tidur dan menutup diri dengan selimut, maka ini akan menjadi sebuah sinyal untuk tidur.

3. Selimut menurunkan stres dan kecemasan

Serotonin adalah hormon untuk membuat Anda merasa senang dan nyaman. Ini adalah senyawa yang memainkan peranan penting agar Anda merasa senang dan tenang.

Ketika Anda merasa stres dan cemas, Anda pun akan merasa susah tidur. Menutupi diri dengan selimut akan melepaskan senyawa tersebut untuk menurunkan stres dan cemas.

4. Selimut membantu Anda tertidur

Selimut akan menciptakan microclimate (iklim mikro) sebuah penghalang agar temperatur tubuh tak berubah terlalu cepat. Selimut akan membantu menghangatkan kulit dan faktor sekitar agar udara yang dingin tak terlalu memengaruhi Anda. Ini akan membuat Anda tidur lebih cepat, lebih baik, dan tak banyak gangguan.

5. Merasa terlindungi dan aman

Selimut akan menciptakan suasana untuk melindungi diri atas perasaan terancam yang mungkin di alami, atau ketakutan semasa kecil pada gelap. Jadi ketika perasaan itu melanda, maka menutupi seluruh tubuh dengan selimut akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan aman.

(chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK