Penyebab Gairah Seks Menurun pada Pria dan Wanita

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 13/01/2021 23:08 WIB
Hasrat seksual yang anjlok sebenarnya lumrah dialami pria atau wanita. Namun, ketahui penyebab gairah seks menurun agar hubungan asmara kembali harmonis. Hasrat seksual yang anjlok sebenarnya lumrah dialami pria atau wanita. Namun, ketahui penyebab gairah seks menurun agar hubungan asmara kembali harmonis. (Foto: istockphoto/Nastasic)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seks merupakan kunci dalam meningkatkan keintiman dengan pasangan. Maka tak heran jika ada pasangan yang merasa bahagia berkat kehidupan seksnya yang memuaskan.

Akan tetapi, fase hasrat seksual bisa menurun dan menjadi tidak bersemangat dari biasanya. Kondisi ini lumrah dialami baik pria maupun wanita.

Terlebih didukung oleh faktor pertambahan usia dan rutinitas sehari-hari.


Namun demikian, penting untuk mengetahui penyebab gairah seks menurun agar tak merusak kehidupan asmara yang harmonis.

Selain itu, dengan mengidentifikasi penyebabnya, Anda dan pasangan bisa segera mencari solusi dan membangkitkan lagi hasrat yang sempat anjlok.

Berikut penyebab gairah seks menurun pada pria dan wanita supaya kualitas seks bersama pasangan bisa semakin membaik, dirangkum dari berbagai sumber.

Penyebab Gairah Seksual Menurun pada Wanita

ilustrasi pasangan berpelukanFoto: iStockphoto/:chee gin tan
Ilustrasi. Penyebab gairah seksual menurun pada wanita secara umum dipengaruhi oleh gangguan psikologis, kesehatan, dan perubahan hormon.

Mengutip Mayoclinic, faktor yang membuat seorang wanita menjadi malas berhubungan seks dengan pasangannya mencakup 3 hal, yakni pengaruh psikologis, kesehatan, dan perubahan hormon. Berikut ulasannya.

1. Gangguan Psikologis

Wanita yang sedang mengalami suatu permasalahan atau banyak dibebani kegiatan fisik, sering kali mengalami gangguan gairah seks.

Selain itu, faktor lain seperti berikut ini juga berdampak buruk pada kehidupan seksual seorang wanita:

  • Kelelahan karena terlalu sibuk bekerja atau urusan lainnya.
  • Pascaoperasi atau kondisi tubuh yang belum pulih dari sakit.
  • Perubahan fisik setelah melahirkan, sehingga menimbulkan rasa kurang percaya diri.
  • Terdapat masalah dalam hubungan, seperti konflik antara pasangan yang menjadi bahan pikiran atau hal lain yang menimbulkan perseteruan.

2. Gangguan Kesehatan

Keadaan lain yang menjadi penyebab gairah seks menurun pada wanita, biasanya karena mengalami hal berikut:

  • Sedang dalam pengobatan khusus sehingga daya tahan tubuh menjadi lemah.
  • Dyspareunia yaitu gangguan rasa nyeri pada Miss V ketika bercinta, sampai membuat trauma.
  • Kurangnya produksi lubrikasi alami sehingga menyebabkan kegiatan seks tidak nyaman.
  • Susah meraih orgasme karena faktor usia atau minimnya pengalaman bercinta.

3. Perubahan Hormon

Secara umum, hormon memengaruhi gairah dan perilaku seksual pada wanita. Berikut kondisi yang diakibatkan perubahan hormon.

  • Wanita hamil atau menyusui sangat rentan mengalami perubahan hormon yang membuat gairah seks berkurang.
  • Kesibukan merawat bayi juga menyebabkan rasa lelah berlebih sehingga enggan untuk bercinta dalam kurun waktu tertentu.
  • Wanita yang mengonsumsi pil KB dapat menurunkan gairah seksual karena obat pengontrol kehamilan ini mengurangi hormon androgen yang memicu gairah seksual pada wanita.
  • Fase menopause mengakibatkan kadar estrogen pada tubuh wanita menyusut seiring bertambahnya usia, hingga tidak lagi menstruasi. Wanita yang sudah menopause biasanya mengalami masalah lubrikasi, sehingga kegiatan seks menjadi kurang menarik dan hanya menimbulkan rasa tidak nyaman.


Penyebab Gairah Seksual Menurun pada Pria

Ilustrasi pasanganFoto: Pexels
Ilustrasi. Penyebab gairah seksual menurun pada pria antara lain gangguan psikologis, kesehatan, dan kadar testosteron rendah

Sama halnya dengan wanita, pria juga bisa mengalami gairah seks yang menurun karena sejumlah faktor. Sehingga, jangan langsung beranggapan bahwa pasangan Anda sudah tidak lagi cinta, kalau ternyata mereka mengalami gangguan seperti berikut, merujuk WebMd:

1. Gangguan Psikologis

  • Stres karena beban pekerjaan atau konflik dengan pasangan bisa menjadi sebab gairah seks pria jadi loyo.
  • Depresi juga jangan dianggap sepele karena bahayanya tidak hanya bagi tubuh, melainkan berpengaruh pada kehidupan seksnya bersama pasangan.

Oleh karena itu, penting mencari tahu sumber penyebab pasangan Anda mengalami depresi dan segera ambil tindakan ke dokter untuk mengobatinya.

2. Gangguan Kesehatan

  • Gangguan kesehatan atau menderita penyakit serius seperti, kanker, jantung, diabetes dan penyakit akut lainnya, akan sangat mengganggu kualitas seks pria.
  • Pria yang mempunyai masalah kesehatan menjadi lebih berisiko mengalami disfungsi ereksi atau libido yang rendah, hingga sulit membahagiakan pasangannya saat berhubungan intim.

3. Testosteron Rendah

Ada beberapa hal yang menyebabkan berkurangnya hormon testosteron pada pria, misalnya cedera penis, infeksi testis, diabetes, kelainan genetik atau konsumsi alkohol berlebih.

Ketika pria Anda berada di level testosteron rendah, maka yang terjadi adalah tidak memiliki hasrat bercinta dengan pasangan.

Cara untuk mengatasi masalah pada testosteron rendah ini adalah melakukan terapi pengganti testosteron. Namun terapi ini tidak dianjurkan bagi yang memiliki riwayat darah tinggi.

Selain itu jika level testosteronnya sudah sangat mengkhawatirkan, ada baiknya lakukan pengecekan ke dokter supaya mendapat penanganan lebih tepat.

Di antara penjelasan mengenai faktor-faktor yang menjadi penyebab kualitas seks menurun, bisa jadi pasangan Anda sedang mengalami salah satunya.

Sehingga penting bagi setiap pasangan untuk lebih terbuka ketika mengalami beberapa gangguan seperti di atas. Untuk itu bangkitkan kembali gairah seks Anda dengan melakukan hal berikut.

Cara Meningkatkan Gairah Seks

ilustrasi bercintaFoto: istockphoto/mkitina4
ilustrasi. Cara meningkatkan gairah seks untuk mengembalikan keintiman bersama pasangan

Ada sejumlah cara untuk membantu meningkatkan gairah bercinta yang bisa dilakukan secara alami, antara lain:

  1. Sampaikan pada pasangan mengenai masalah saat melakukan seks. Dengan komunikasi yang baik, keduanya bisa mencari solusi supaya dapat kembali merasakan kualitas seks yang sehat.
  2. Ceritakan fantasi seks yang ingin Anda dapatkan bersama pasangan, jika kegiatan seks sebelumnya kurang menyenangkan.
  3. Lakukan foreplay lebih lama dari biasanya untuk membangkitkan nafsu yang semakin panas, minimal 15-25 menit.
  4. Buat agenda khusus atau quality time bersama pasangan sebelum melakukan seks, misalnya menonton film biru, role playing, sensual massage atau flirting.
  5. Ketahui titik sensitif Anda dengan pasangan dengan mencoba mastrubasi di hadapannya supaya lebih menantang.
  6. Tempat Anda melakukan hubungan intim juga menurunkan gairah seks. Untuk memberi suasana baru dan tak biasa, coba sewa kamar hotel yang nyaman.
  7. Kemudian, lakukan posisi seks baru yang belum pernah dicoba sebelumnya supaya ada sensasi lebih membara di antara Anda dengan pasangan.

Jenuh atau berkurangnya hasrat seks dengan pasangan memang sering terjadi, bahkan tidak hanya pada pasangan yang baru menikah, tapi juga yang sudah lama menikah.

Apabila sudah mengetahui penyebab gairah seks menurun seperti dalam pembahasan ini, tentunya dapat melakukan antisipasi dini supaya Anda dan pasangan bisa tetap harmonis.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK