5 Cara Menghilangkan Plak Gigi

tim | CNN Indonesia
Selasa, 22 Des 2020 12:40 WIB
Tak hanya memperburuk penampilan, plak di gigi juga dapat membahayakan kesehatan. Ada banyak cara menghilangkan plak gigi. Tak hanya memperburuk penampilan, plak di gigi juga dapat membahayakan kesehatan. Ada banyak cara menghilangkan plak gigi. ( Istockphoto/LuckyBusiness)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak hanya memperburuk penampilan, plak di gigi juga dapat membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, plak gigi harus rutin dihilangkan. Ada banyak cara menghilangkan plak gigi.

Plak adalah zat selaput yang berasal dari penumpukan bakteri dan sisa makanan. Plak biasanya menumpuk di di sela-sela gigi maupun di bawah garis gusi. Plak membuat gigi berwarna kekuningan. Jika dibiarkan, plak dapat merusak gigi dan gusi.

"Kuman, bakteri dan sisa makanan yang menumpuk menyebabkan plak, yang lama kelamaan menjadi karang gigi," kata dokter gigi Theresia Dessy, beberapa waktu lalu.


Berikut cara menghilangkan plak gigi.

1. Menyikat gigi

Cara terbaik untuk menghilangkan plak adalah dengan menyikat gigi dua kali sehari. Pastikan semua bagian gigi termasuk bagian belakang disikat. Gunakan sikat gigi lembut yang diganti setiap tiga hingga empat bulan sekali.

2. Gunakan benang gigi

Gunakan bantuan benang gigi untuk menjangkau area yang tak bisa disikat. Gosokkan benang gigi di antara sela-sela gigi. Benang gigi efektif untuk menghilangkan plak di antara dua gigi.

3. Berkumur-kumur

Woman rinsing and gargling while using mouthwash from a glass, During daily oral hygiene routine, Girl in a purple silk robe, Dental Healthcare ConceptsFoto: iStockphoto/Tharakorn
ilustrasi kumur

Berkumur-kumur dapat membantu menghilangkan bakteri di mulut yang dapat berkembang menjadi plak gigi.

4. Gunakan minyak kelapa

Gunakan minyak kelapa atau minyak zaitun untuk menghilangkan plak. Oleskan minyak di sekitar gigi dan biarkan selama 20-30 menit.

Dikutip dari Healthline, minyak ini dapat memperkuat gigi, mencegah kerusakan gigi, menenangkan sakit gusi, dan menghilangkan plak.

5. Soda kue

Soda kue atau juga dapat menjadi pembersih alami. Gunakan soda kue atau pasta gigi yang mengandung soda kue untuk menghilangkan plak gigi. Soda kue memiliki sifat abrasif yang baik untuk menghilangkan bakteri.

(ptj/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER